Dark/Light Mode

Kasih Jempol Ke Firli Bahuri, Tjahjo: Jarang Dua Menteri Di-OTT Dalam Satu Periode

Kamis, 23 Desember 2021 17:21 WIB
Menpan RB Tjahjo Kumolo. (Foto: Ist)
Menpan RB Tjahjo Kumolo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo memuji kinerja Firli Bahuri dalam memimpin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurutnya, jarang dalam satu periode waktu ada dua menteri yang terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh KPK.

"KPK dipimpin oleh Pak Firli ini sudah menunjukkan hasil-hasil yang sangat signifikan, jarang dalam satu periode dua menteri tertangkap OTT," ujar Tjahjo dalam acara Launching Hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (23/12).

Baca juga : Daripada Ke Luar Negeri, Lalu Karantina Lebih Baik Di Dalam Negeri Aja Deh

Seperti diketahui, ada dua menteri dalam jajaran kabinet Presiden Joko Widodo yang terkena OTT dari KPK. Keduanya yakni mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan mantan Menteri Sosial Juliari Batubara.

Kinerja Firli juga diacungi jempol lantaran menindak beberapa pejabat dan kepala daerah yang melakukan korupsi. Tjahjo menilai taring KPK jadi lebih tajam saat dinahkodai Firli.

Baca juga : Inovasi Ganjar Bangun Rumah Warga Miskin Dapat Perhatian Nasional

"OTT beberapa kepala daerah, swasta sampai aparatur sipil negara (ASN), yang dari tahun ke tahun saya melihat masih ada kecenderungan meningkat," tutur menteri asal PDIP itu.

Menurutnya, prestasi tersebut tak terlepas dari penguatan sistem yang dilakukan KPK di era Firli Bahuri. Sistem itu, diyakini membuat calon pelaku korupsi berpikir dua kali untuk mencuri uang rakyat. "Kami mengapresiasi kepada KPK yang salah satu poinnya adalah memperkuat sistem," pujinya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.