Dewan Pers

Dark/Light Mode

Mensos Temukan Ada Keluarga Menteri Masuk Data Penerima Bansos

Selasa, 28 September 2021 20:20 WIB
Mensos, Tri Rismaharini
Mensos, Tri Rismaharini

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini  menemukan, ada anggota keluarga Pegawa Negeri Sipil (PNS) hingga menteri masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebagai penerima bantuan sosial (bansos).

"Ternyata ada istri yang suaminya PNS dan  bahkan menteri. Karena itu kami padankan sekarang dengan Kartu Keluarga sehingga ketahuan siapa dapat siapa enggak," kata Risma di kantor Kemensos, Senin (27/9).

Berita Terkait : HNW Minta Mensos Batalkan Pemotongan Jumlah Penerima Bantuan

Namun, sayangnya Risma tak menyebutkan siapa dan di kementerian mana temuannya itu.

Mantan Wali Kota Surabaya ini mengatakan, meski masuk ke DTKS, keluarga menteri yang dimaksud belum menerima bantuan dari Kemensos.

Berita Terkait : Menkop Teten Dorong Penyadap Nira Banyumas Berkoperasi

Menurutnya, data tersebut juga langsung dihapus dari DTKS lantaran tak cocok masuk ke penerima."Pokoknya, ketahuan sama kami. Sudah masuk data, tetapi belum menerima karena dia tidak mau," katanya

Sebelumnya, Risma juga menemukan ada ketidakpadanan dalam daftat penerima bantuan iuran (PBI) Jaminan Kesehatan 2021. Risma mengatakan, ada 434.835 orang meninggal, 2.584.495 data ganda, dan 833.624 data mutasi.

Berita Terkait : DPR: KPPU Bertindak Dong

Selain itu, ditemukan data non-DTKS yang tidak padan Dukcapil sebanyak 5.882.243. Hal itu lantas membuat adanya penghapusan data lantaran tidak padan. Angka penerima subsidi PBI yang tadinya 96,1 juta jiwa berkurang menjadi 87 juta jiwa. [MFA]