Dark/Light Mode

Utak-atik Pilpres 2024

Jokowi Effect Jadi Penentu

Selasa, 28 Desember 2021 07:50 WIB
Presiden Jokowi dinilai masih menjadi penentu di Pilpres 2024. (Foto: Biro Pers)
Presiden Jokowi dinilai masih menjadi penentu di Pilpres 2024. (Foto: Biro Pers)

 Sebelumnya 
“Nanti pada saatnya saya akan berbicara, saya akan menyampaikan ke mana kapal besar Relawan Jokowi ini kemudinya akan kita arahkan,” kata Jokowi, Minggu (13/6).

Lalu siapa yang akan diuntungkan oleh besarnya pengaruh Jokowi ini?

Baca juga : Jelang Akhir 2021, Vaksinasi Dekati Angka 70 Persen

Sejauh ini, ada sejumlah nama di circle Jokowi yang digadang-gadang bakal maju di kontestasi Pilpres. Antara lain; Ganjar Pranowo, Puan Maharani, Airlangga Hartarto, Prabowo Subianto, Erick Thohir, Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno. Mereka kerap masuk dalam daftar elektabilitas capres dan cawapres. Ada yang di peringkat atas, ada yang di bawah.

Tapi, hingga saat ini Jokowi belum secara lugas mengarahkan kemudinya kemana. Tapi, ada relawan Jokowi yang mulai mendeklarasikan diri secara terbuka mendukung salah satu calon, yakni Ganjar.

Baca juga : Ketua KPK: Presiden Jokowi Pemimpin Orkestrasi Pemberantasan Korupsi

Di antaranya JoMan atau Jokowi Mania. Sementara Seknas Jokowi terbelah, ada yang sudah mendeklarasikan mendukung Ganjar, ada yang masih menunggu arahan Jokowi sampai saat ini. Seknas Jokowi Jawa Tengah (Jateng) salah satunya, yang sudah blak-blakan menyatakan dukungan Gubernur Jateng sebagai calon presiden di pilpres 2024. Sementara Projo, solid menunggu komando Jokowi.

Apakah ini sinyal bahwa Jokowi sudah mulai mengarahkan dukungannya ke salah satu calon?

Baca juga : DHL Antar Vaksin Pfizer Ke 24 Lokasi Terpencil Di Tanah Air

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan Ali Mochtar Ngabalin membantah. Hingga saat ini, sebutnya belum ada komando dari Jokowi baik secara terbuka maupun bisik-bisik di internal ke salah satu calon. Kepala Negara, sebutnya saat ini berkonsetrasi penuh menuntaskan penanganan pandemi Covid-19 di Tanah Air. Apalagi dengan kehadiran varian baru, Omicron.

“Di beberapa kesempatan memang ada yang bilang bahwa pak Jokowi mempersiapkan (sosok) ini dan itu, tapi secara tegas saya mengatakan itu fitnah,” tegas Ngabalin kepada Rakyat Merdeka, tadi malam.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.