Dark/Light Mode

Mantu Hendro Panglima TNI, Mantu Luhut Pangkostrad..?

Rabu, 29 Desember 2021 08:59 WIB
Pangdam Udayana Mayjen Maruli Simanjuntak (Foto: Istimewa)
Pangdam Udayana Mayjen Maruli Simanjuntak (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Di Senayan, Anggota Komisi I DPR Saifullah Tamliha menyatakan, Maruli memang kandidat kuat untuk mengisi posisi Pangkostrad. "Saya yakin para pangdam sekarang, termasuk menantu Pak LBP, Mayjen Maruli Simanjuntak," kata Tamliha, ketika ditanya peluang Maruli sebagai Pangkostrad, kemarin.

Politisi PPP ini menambahkan, kursi Pangkostrad harus diduduki perwira tinggi yang memahami posisi TNI dalam Pemilu 2024. Prediksi Tamliha, Pangkostrad yang nanti menjabat akan mengemban tugas layaknya Panglima TNI. Sebab, jika masa jabatan Andika tidak diperpanjang, maka Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono berpeluang menjadi Panglima. Di saat bersamaan, atau akhir 2023, KSAD Dudung akan pensiun.

Baca juga : Rangga Bangga Mampu Imbangi Bhayangkara

"Sehingga kemungkinan besar Pangkostrad-lah sosok militer yang akan berjibaku menjadi Panglima TNI pada event pemilu presiden, pemilu legislatif dan pilkada serentak pada 2024," paparnya.

Karena itu, dia menilai penentuan Pangkostrad saat ini betul-betul penting. Jokowi dan Andika harus cermat dalam menunjuk Pangkostrad. "Akibatnya, penentuan kepada siapa jabatan Pangkostrad sangat penting bagi Presiden Jokowi sebagai Panglima Tertinggi TNI, dibantu Panglima TNI, untuk betul-betul cermat dan bijaksana dalam menentukan figur yang tepat sebagai Pangkostrad," imbau Tamliha.

Baca juga : Gandung Pardiman: Kalau MUI Dibubarkan, Gaduh Luar Biasa

Direktur Eksekutif Institute For Security & Strategic Studies (ISSES) Khairul Fahmi menjelaskan, Pangkostrad memiliki tugas pokok membina kesiapan operasional jajaran komandonya dan menyelenggarakan operasi pertahanan keamanan tingkat strategis. Baik Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP), sesuai dengan kebijaksanaan Panglima TNI.

"Pangkostrad bertanggung jawab menyelenggarakan dan melaksanakan fungsi utama dalam pengembangan kekuatan, pertempuran dan administrasi, fungsi organik militer, baik intelijen, operasi dan latihan, pembinaan personel, logistik, dan teritorial serta fungsi organik pembinaan dalam perencanaan, pengendalian dan pengawasan," beber Fahmi, kemarin.

Baca juga : Prajurit TNI Tewas Ditembak Teroris Papua, Panglima TNI: Kita Akan Lakukan Pendekatan Berbeda

Terkait siapa yang akan menjabat Pangkostrad, Fahmi menyerahkan ke Jokowi. "Bisa dari jajaran bintang tiga, bisa dari jajaran bintang dua yang menjabat Pangdam saat ini, atau pernah menjabat Pangdam," tutupnya. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.