Dark/Light Mode

Tangkap 139 Koruptor, Selamatkan Duit 46 T

KPK Pamerin Prestasi, Tepuk Tangannya Mana

Rabu, 29 Desember 2021 07:35 WIB
Sepanjang 2021, Firli Bahuri Cs mampu menangkap 139 koruptor dan menyelematkan uang negara sebanyak Rp 46 triliun. (Foto: KPK/Ilustrasi)
Sepanjang 2021, Firli Bahuri Cs mampu menangkap 139 koruptor dan menyelematkan uang negara sebanyak Rp 46 triliun. (Foto: KPK/Ilustrasi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kinerja KPK selama setahun terakhir lumayan baik. Sepanjang 2021, Firli Bahuri Cs mampu menangkap 139 koruptor dan menyelematkan uang negara sebanyak Rp 46 triliun. Dengan prestasi tersebut, mana nih tepuk tangan untuk KPK?

Prestasi itu dipamerin KPK dalam bentuk laporan kinerja selama 2021. Laporannya cukup detail dan rinci. Mulai dari kasus yang ditangani sampai dengan jumlah uang yang balikin ke kas negara.

Baca juga : Tangkap Pelaku Pemukulan Wasit, Iwan Bule Jempolin Polres Enrekang

Dalam laporan itu disebutkan, selama 2021 KPK telah menyelamatkan uang negara sebesar Rp 46,5 triliun. KPK juga telah mengembalikan uang negara senilai Rp 2,6 triliun yang masuk kategori penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Terdiri atas Rp 2,06 triliun denda, uang pengganti, dan rampasan, lalu Rp 630,3 miliar penetapan status dan penggunaan dana hibah.

Dalam penanganan perkara, selama 2021 KPK sukses menetapkan 139 orang tersangka. Beberapa orang bahkan dijerat lebih dari satu kasus. Dari jumlah itu, 119 dalam penyelidikan, 109 penyidikan, 88 penuntutan, 85 kasus inkrah, 89 eksekusi.

Baca juga : Kelanjutan Kasus Dugaan Korupsi Heli AW, KPK Koordinasi Dengan POM TNI

Selain itu, KPK juga sukses meningkatkan kepatuhan pejabat untuk melaporkan hartanya. Per 1 Desember 2021, Laporan Hasil Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) mencapai 366.671 atau 97,20 persen.

Ternyata tidak hanya menangkap koruptor dan mengembalikan uang negara. KPK juga telah melaksanakan pendidikan antikorupsi ke anak-anak sekolah di sejumlah daerah di Indonesia.

Baca juga : Gandeng OJK, BI Genjot Digitalisasi Keuangan UMKM

Untuk tangkapan, KPK juga sukses meringkus beberapa kakap. Seperti Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin, dan Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.