Dewan Pers

Dark/Light Mode

800 TNI Dan Polri Amankan Tahun Baru Di Papua

Jumat, 31 Desember 2021 13:08 WIB
TNI dan Polri amankan malam tahun baru di Mimika Papua. (foto:net)
TNI dan Polri amankan malam tahun baru di Mimika Papua. (foto:net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 800 tentara dan polisi dikerahkan untuk menjaga perayaan pergantian tahun di Timika, Kabupaten Mimika, Papua, mulai hari Jumat ini hingga Sabtu (1/1).

Kepala Polres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan, penjagaan malam pergantian tahun juga melibatkan mitra kamtibmas, di antaranya Satpol PP, BNPB Kabupaten Mimika dan sejumlah organisasi kemasyarakatan KKJB, Relawan Baznas dan lain-lain dengan jumlah sekitar 200 personel.

Berita Terkait : Kasus Korupsi PEN Daerah, KPK Amankan Sejumlah Bukti Dalam Penggeledahan

Meski personel pengamanan malam pergantian tahun cukup banyak, namun dia tetap meminta dukungan semua elemen masyarakat setempat untuk ikut menjaga Kamtimas tetap kondusif.

Selain itu, warga juga diminta mematuhi protokol kesehatan dengan tidak membuat kegiatan yang melibatkan masyarakat dalam jumlah banyak, serta tidak boleh membunyikan petasan baik itu petasan bakar maupun meriam spiritus. 

Berita Terkait : Liga 1 Makin Ketat, Skuad Maung Bandung Diminta Waspada

"Kami mengajak masyarakat Mimika melaksanakan ibadah tutup tahun dan dilanjutkan dengan kegiatan yang bersifat refleksi akhir tahun," ujar Gusti usai memimpin apel gelar pasukan di Lapangan Timika Indah, Jumat, (31/12) 

Untuk memastikan situasi kamtibmas di Timika tetap kondusif, maka aparat gabungan akan meningkatkan patroli terutama di lokasi yang rawan. "Kami akan lakukan razia. setiap orang yang mabuk langsung kami amankan," kata Gusti dikutip Antara.

Berita Terkait : Rayakan Tahun Baru Di Rumah Aja

Komandan Kodim 1710 Mimika, Letnan Kolonel Infantri Yoga Prasetya, juga mengajak seluruh masyarakat setempat bersama-sama menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif selama perayaan malam pergantian tahun.

"Tidak boleh ada yang bermain petasan, yang lebih utama lagi masalah mabuk-mabukan. Orang mabuk langsung diamankan. Kita tutup tahun ini dengan kegiatan-kegiatan yang positif," ujar dia.[MFA]