Dark/Light Mode

Memberdayakan Kota Manusia

Jumat, 31 Desember 2021 19:40 WIB
Dr. Tantan Hermansah, pengampu MK Sosiologi Perkotaan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta dan Anggota Komisi Infokom MUI Pusat
Dr. Tantan Hermansah, pengampu MK Sosiologi Perkotaan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta dan Anggota Komisi Infokom MUI Pusat

 Sebelumnya 
Pertama, kota sebagai ruang sejarah umat manusia yang sangat lama, tentu memiliki sistem yang kadang-kadang sistem itu sudah tidak lagi sesuai dengan kebutuhan manusia aktual. Sejarah kota begitu dinamis. Kadang ada kota-kota yang sejarahnya penuh dengan kegetiran; namun ada juga kota yang tampil penuh cahaya dan mencerahkan peradaban.

Kedua, kota sebagai ruang hunian manusia, tentu juga merupakan tempat di mana banyak harapan disemai. Setiap keluarga yang hadir pada sebuah kota sangat berharap bahwa tempat tinggalnya akan menjadi tempat tinggal keluarga besarnya; sehingga anak cucunya pun kelak bisa hidup bersama mereka.

Baca juga : Mempertahankan Prestasi KPK

Ketiga, kota juga sebagai ruang kontestasi di mana banyak orang menumpukan harapan sejahtera pada suatu kota. Layaknya sebuah medan, maka wajar jika kemudian sifat kontestatifnya demikian menonjol pada kehidupan masyarakat kota.

Sebagaimana hukum kontestasi, maka selalu ada pemenang dan juga pecundang. Mereka yang kemudian memenangkan kontes tersebut tentu kemudian bisa menikmati kesejahteraan; sebaliknya mereka yang kalah kemudian harus berjuang agar bisa bertahan.

Baca juga : Menteri (Juga) Manusia

Keempat, kota sebagai ruang kebudayaan. Di mana di kota-kota banyak tempat orang orang belajar, membangun kapasitas, memperluas jaringan, dan kemudian secara bersama- sama membangun kebudayaan.

Ketika sebuah kota menjadi ruang kebudayaan maka otomatis gerak dari kota tersebut tidak akan pernah berhenti. Karena sebagaimana inti dari kebudayaan itu sendiri, ia akan selalu mencari dan menemukan hal baru yang lebih baik dari sebelumnya, yang kemudian akan ditawarkan kepada manusia aktual.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.