Dark/Light Mode

Kesaksian Pejabat Dinas Bina Marga Lampung Tengah

Duit Untuk Azis Syamsuddin Dikumpulkan Dari Ijon Proyek

Selasa, 4 Januari 2022 07:05 WIB
Terdakwa mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin (tengah) usai menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (3/1/2021). (Foto: Tedy Kroen/RM)
Terdakwa mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin (tengah) usai menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (3/1/2021). (Foto: Tedy Kroen/RM)

 Sebelumnya 
“Kata Pak Taufik, kalau Lampung Tengah dapat DAK, ada sejumlah uang yang diberikan ke Aliza,” jelas Aan.

Apa yang disampaikan Taufik menjadi kenyataan, Lampung Tengah mendapat DAK. Kemudian, Aan diminta Taufik menyiapkan uang dan menghubungi rekan-rekannya di Dinas Lampung Tengah.

Di antaranya Supranowo, Rama, Heri dari Dinas Bina Marga Lampung Tengah serta Sanca dari Dinas Perumahan dan Permukiman.

Baca juga : BKS Targetkan Pembangunan Bandara Mentawai Baru Rampung Agustus Tahun Depan

“Mas Nowo bilang dia ada uang Rp 635 juta dan pinjaman dari Darius Rp 500 juta,” kata Aan.

Uang itu akhirnya dibawa ke Jakarta oleh Nowo naik mobil. Setibanya di Hotel Veranda Jakarta, Aan menghubungi Aliza bahwa uang sudah siap.

“Ini uang sudah ada, (kata Aliza) ‘Ya sudah nanti kita bawa uang ini untuk ditukar dolar Singapura’. Aliza kemudian datang (ke hotel) sama dua orang lagi saya enggak kenal,” tutur Aan.

Baca juga : Adik Azis Syamsuddin Terima Uang Panjar Pengurusan DAK

Kemudian menggunakan satu mobil, mereka pergi ke sebuah mal yang Aan lupa namanya. Dalam satu kendaraan ada enam orang. Di antaranya adalah Aliza dengan dua kawannya.

Sampai di parkiran hotel, Aan menyerahkan uang yang dimasukkan ke dalam tas tersebut ke Aliza. Aliza lalu memerintahkan dua kawannya untuk menukar Rp 1,135 miliar ke dalam dolar Singapura.

Sekitar 1 jam kemudian, kawannya Aliza datang membawa amplop dan menunjukkan isinya uang dolar kemudian diberikan kepada Aliza.

Baca juga : KPK: Mungkin Cuma Buat Ramein Polemik TWK

“Aliza ambil dan ditunjukkan ke saya dalam bentuk dolar Singapura,” terang Aan. Pecahan 1.000 dolar Singapura.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.