Dark/Light Mode

Susi Tak Selamanya Membenci Luhut

Rabu, 5 Januari 2022 07:35 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Susi Pudjiastuti. (Foto: Istimewa)
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Susi Pudjiastuti. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Mendengar itu, kuping Luhut sempat panas. Dia segera menjawab. Menurutnya, kebijakan perbedaan aturan karantina ini tidak hanya dilakukan di Indonesia, tapi hampir di seluruh negara di dunia. Pejabat diperbolehkan karantina di rumah agar pelaksanaan ketatanegaraan tetap jalan.

Luhut lalu meminta Susi tidak menyalahartikan aturan tersebut. "Jadi jangan dibentrok dan diadukan antara pejabat pemerintah, orang berada, dan rakyat biasa. Saya kira itu tidak arif kalau ada mantan pejabat bicara seperti itu," ucap Luhut, ketika itu.

Baca juga : Orang Tua Senang Anaknya Kembali Belajar Di Sekolah

Saat masih sama-sama di kabinet di pemerintah Jokowi periode pertama, Susi dan Luhut juga sering bersitegang. Contohnya, soal kebijakan Susi menenggelamkan kapal pencuri ikan. Saat itu, Luhut tidak setuju dengan cara Susi. Tapi Susi seakan tidak peduli dan terus melakukan penenggelaman kapal. Hubungan keduanya tampak tidak harmonis.

Lalu, seperti apa hubungan Luhut dan Susi? Juru Bicara Luhut, Jodi Mahardi, mengaku hubungan bosnya dengan Susi sebenarnya baik-baik saja. Silang pendapat yang terjadi selama ini bukan berarti Luhut dan Susi sedang berantem.

Baca juga : Soal Literasi Kebencanaan, Ulama Punya Peran Penting

"Nggak ada ketegangan. Kalau beda pendapat kan biasa. Sikap Pak Luhut ke Bu Susi ya baik-baik saja,” ucapnya, Jodi saat dihubungi Rakyat Merdeka, kemarin.

Jodi memastikan, Luhut selalu menjalin hubungan baik dengan semua pihak. Termasuk dengan Susi. “Pak Luhut berteman dengan siapa saja, apalagi mantan rekan di kabinet," pungkasnya. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.