Dark/Light Mode

Mulai Disuntikkan 12 Januari 2022

Supaya Merata, Warga +62 Pengen Booster Digratiskan

Kamis, 6 Januari 2022 06:25 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19 Moderna. Vaksin booster Moderna diklaim ampuh melawan Covid varian Omicron.(Foto: SHUTTERSTOCK/oasisamuel).
Ilustrasi vaksin Covid-19 Moderna. Vaksin booster Moderna diklaim ampuh melawan Covid varian Omicron.(Foto: SHUTTERSTOCK/oasisamuel).

 Sebelumnya 
Namun, akun @Andinurpati3 mengusulkan vaksin booster tetap gratis alias tidak berbayar. Alasannya, demi kesehatan masyarakat.

“Gratis saja masih banyak yang nggak divaksin apalagi bayar,” kata dia.

“Setuju, vaksin booster gratis buat rakyat kecil biar makin adil dan vaksinasinya bisa merata ke seluruh lapisan masyarakat,” sahut @nairaputrii.

Baca juga : Kasih Banyak Syarat, Barca Ogah Rugi Boyong Cavani

Akun @soen_cak menjelaskan, vaksin booster gratis untuk para penerima BPJS Kesehatan, prioritas lansia dan yang rentan. Mereka akan divaksin dengan vaksin Pfizer, Moderna, Sinovac dan Sinophram.

“Kalau kelas bawah gratis, sisanya bayar kisaran Rp 300 ribu per dosis,” timpal @hayunalism.

Menurut @aimankumis, vaksin booster akan diberikan kepada kelompok usia di atas 18 tahun sesuai rekomendasi WHO.

Baca juga : Hari Ini Diresmikan Jokowi, Bandara Tebelian Ditargetkan Angkut 75 Ribu Penumpang Per Tahun

Akun @goyodbod menambahkan, ada dua cara untuk mendapatkan dosis ketiga. “Masyarakat yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan masyarakat yang telah mendapatkan vaksin dosis kedua dengan jangka waktu lebih dari 6 bulan,” ujarnya.

Akun @Ndukla2 menyambung. Kata dia, ada dua mekanisme pemberian vaksinasi dosis ketiga atau booster. Yaitu, berbayar (mandiri) dan gratis. Sasaran vaksinasi dosis ketiga gratis adalah lansia dan masyarakat Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan.

Menurut @amaygedeng, Pemerintah telah mengamankan stok vaksin booster sebanyak 230 juta dosis. Seluruh vaksin booster, sudah mendapat rekomendasi dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan BPOM.

Baca juga : Tarif Tes PCR Sudah Paling Murah, Nggak Perlu Subsidi

Akun @adjieravi menimpali. Dia menyebut ada 5 merek vaksin Covid-19 sedang dalam proses registrasi sebagai vaksin booster di BPOM, yaitu Pfizer, AstraZeneca, Coronavac/ Vaksin PT Bio Farma, Zifivax dan Sinopharm.

“Vaksin booster hendaknya vaksin yang diakui untuk memenuhi persyaratan ke luar negeri, seperti umrah dan naik haji ke Arab Saudi,” saran @irwan_mautau. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.