Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Penting, Keahlian Investigasi Bagi Akuntan Publik

Jumat, 7 Januari 2022 21:13 WIB
Peserta Pendidikan Sertifikasi Jasa Investigasi melakukan role play dan simulasi sidang sebagai gambaran proses persidangan di pengadilan. (Foto: Dok. IAPI)
Peserta Pendidikan Sertifikasi Jasa Investigasi melakukan role play dan simulasi sidang sebagai gambaran proses persidangan di pengadilan. (Foto: Dok. IAPI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai asosiasi profesi akuntan publik di Indonesia yang telah diakui keberadaan dan kualitasnya secara global, Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) terus berupaya meningkatkan kompetensi para akuntan publik, khususnya anggota. Yang terbaru, melalui Pendidikan Sertifikasi Jasa Investigasi yang diikuti 71 peserta. Acara digelar di Jakarta, dari 21 Desember 2021 hingga 25 Januari 2022.

Pendidikan Sertifikasi Jasa Investigasi ini adalah wujud konkret IAPI untuk mendapatkan akuntan publik yang memiliki kompetensi dan komitmen etika profesi yang tinggi untuk melaksanakan perikatan investigasi yang berkualitas, serta memberikan nilai tambah bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam pengambilan keputusan dan penetapan kebijakan yang berkaitan dengan penanganan masalah, kasus, atau perkara atas penyimpangan keuangan,” tutur Ketua Umum IAPI Hendang Tanusdjaja, dalam keterangan yang diterima redaksi, Jumat (7/1).

Baca juga : Misi Balas Dendam Pesut Etam Lawan Persik Kediri

Keahlian investigasi, kata Hendang, mutlak diperlukan oleh seorang akuntan publik. Sebagai salah satu profesi pendukung kegiatan dunia usaha, kebutuhan pengguna jasa akuntan publik selain pada jasa asuransi yang terkait dengan jasa audit atau review atas informasi keuangan historis, juga kebutuhan terhadap jasa investigasi.

Berkenaan dengan itu, lanjut Hendang, IAPI telah menerbitkan Standar Jasa Investigasi (SJI). SJI merupakan standar minimum bagi akuntan publik dan kantor akuntan publik, termasuk pihak terasosiasi yang melaksanakan perikatan-perikatan jasa investigasi yang terdiri dari pemeriksaan investigatif, penghitungan kerugian keuangan, dan pemberian keterangan ahli.

Baca juga : Darurat Nasional, Kazakhstan Jamin Keamanan Investasi Asing Dan Negara Sahabat

“Investigasi adalah proses mencari, menemukan, dan mengumpulkan fakta secara sistematis dan terukur yang bertujuan untuk mengungkapkan terjadi atau tidaknya suatu perbuatan dan pelakunya untuk membantu pemangku kepentingan dalam mencapai suatu kesimpulan atas manfaat laporan dari investigasi yang dilaksanakan dan/atau digunakan untuk tindakan litigasi,” jelas Pengurus IAPI bidang Komite Jasa Investigasi Jamaluddin Iskak.

Keahlian investigasi, lanjut Jamaluddin, akan memperkuat peran strategis seorang akuntan publik dalam menjalankan amanah kepercayaan publik, khususnya di bidang keuangan dan investasi.

Baca juga : Dikenang, Vanessa-Bibi Cinta Sejati

Hal senada juga disampaikan Staf Ahli Jaksa Agung Jan S Maringka. Ia menyatakan, jasa investigasi yang dilakukan akuntan publik diharapkan dapat memudahkan proses pembuktian oleh Jaksa di persidangan pidana.

Dalam pendidikan Sertifikasi Jasa Investigasi ini, IAPI menghadirkan narasumber yang kompeten dalam dunia investigasi. Di antaranya dari Kejaksaan Agung, KPK, akademisi, dan internal IAPI. Pendidikan ini dikemas dengan tidak hanya menyajikan teori semata, tetapi dilengkapi dengan role play untuk memberikan gambaran lebih jelas terkait dunia investigasi keuangan. Peserta juga diminta membuat karya tulis yang wajib diserahkan kepada IAPI. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.