Dark/Light Mode

Tak Pake Masker Di Saudi

Jemaah Umrah Bakal Didenda Rp 3,8 Juta

Selasa, 11 Januari 2022 07:50 WIB
Sejumlah calon jamaah umrah berjalan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (8/1/2022). (Foto: Antara/Fauzan)
Sejumlah calon jamaah umrah berjalan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (8/1/2022). (Foto: Antara/Fauzan)

 Sebelumnya 
Selain wajib masker, Pemerintah Arab Saudi juga melarang keras warga berkerumun. Aktivitas masyarakat, harus sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Pemerintah Indonesia saat ini menerapkan prokes ketat untuk calon jemaah umrah. Antara lain, menjalani karantina satu hari sebelum keberangkatan. Lalu wajib tes PCR dua kali.

Baca juga : Cegah Penularan Omicron, Jemaah Umrah Diminta Taat Prokes

Ketika penerbangan, jemaah juga wajib selalu menggunakan masker. Selanjutnya, ketika tiba di Saudi, mereka langsung dikarantina selama 5 hari 4 malam.

“Menurut saya ini sudah luar biasa ya. Jangan ditambah lagi. Kalau nanti ditambah lagi jemaah keberatan. Karena rata-rata, mohon maaf, usianya sudah tua,” ujar Farid.

Baca juga : Tekan Omicron, Malaysia Larang Jemaah Umroh Karantina Di Rumah

Dijelaskannya, saat ini keberangkatan yang dibuka baru dari Jakarta. Sehingga jemaah dari daerah harus pergi ke Jakarta dulu untuk terbang ke Mekkah. Dia mengungkapkan, tidak lama lagi akan dibuka 2 pintu, yakni Bandara Juanda, Surabaya.

Menurutnya, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 dengan Kementerian Agama sudah melakukan komunikasi untuk membuka pintu lainnya.

Baca juga : Pesan Presiden Di Perayaan Natal 2021 Jadi Semangat Umat Perkuat Solidaritas

“Sebetulnya ada beberapa kota lain juga, tapi belum bisa diumumkan karena menunggu kepastian. Sehingga tidak perlu dari daerah menuju Jakarta dulu untuk berangkat ke Arab Saudi,” terangnya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.