Dark/Light Mode

Bongkar Borok Garuda Di Zaman ES

Erick Ingin Bersihkan BUMN

Rabu, 12 Januari 2022 07:50 WIB
Menteri BUMN, Erick Thohir disambut Jaksa Agung ST Burhanuddin saat tiba di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Selasa (11/1/2021). Erick menyerahkan data tambahan terkait dugaan korupsi pengadaan pesawat jenis ATRATR 72-600 di Garuda Indonesia. (Foto: Khairizal Anwar/RM.id)
Menteri BUMN, Erick Thohir disambut Jaksa Agung ST Burhanuddin saat tiba di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Selasa (11/1/2021). Erick menyerahkan data tambahan terkait dugaan korupsi pengadaan pesawat jenis ATRATR 72-600 di Garuda Indonesia. (Foto: Khairizal Anwar/RM.id)

 Sebelumnya 
Selaras dengan upaya Erick untuk memastikan praktik bisnis di lingkungan BUMN sesuai dengan prinsip GCG, hal tersebut juga turut menjadi aspek fundamental dalam misi transformasi perusahaan yang tengah dijalankan saat ini. Pihaknya ingin menjadikan Garuda sebagai entitas bisnis yang sehat, tidak hanya dari sisi kinerja keuangan dan operasional saja.

“Tetapi, turut ditunjang fondasi tata kelola Perusahaan yang juga sehat dan solid dalam mengakselerasikan kinerja usaha ke depannya,” harapnya.

Erick Dapat Pujian

Baca juga : Ke Bali, Erick Cek Persiapan 6 BUMN Sambut KTT G20

Langkah Erick yang tak sungkan melaporkan dugaan korupsi di tubuh BUMN mendapat pujian dari warga dunia nyata dan dunia maya. Pengamat penerbangan Alvin Lie mengapresiasi langkah Erik bersih-bersih di kementeriannya.

“Bagus itu (pelaporan dugaan suap). Kalau memang ada indikasi kuat dan ada bukti-buktinya, memang paling tepat langsung proses hukum saja,” dukung Alvin saat dihubungi Rakyat Merdeka, kemarin.

Menurutnya, Garuda Indonesia harus dibersihkan dari hama korupsi dan kolusi agar jadi perusahaan yang bersih, sehat, dan tangguh. Selama ini, lanjut Alvin, kinerja Garuda yang seharusnya sangat baik dan memuaskan, justru tercoreng dengan upaya-upaya praktik ilegal, mulai dari suap hingga korupsi.

Baca juga : Libur Nataru, Garuda Ramal Trafik Penumpang Naik 27 Persen

Anggota Komisi VI DPR, Achmad Baidowi menilai upaya Erick bersih-bersih internal merupakan langkah tepat. Apalagi tujuannya untuk menuntaskan sengkarut kasus Garuda secara hukum, sehingga tidak ada lagi spekulasi.

“Itu memang menjadi aspirasi yang disampaikan Komisi VI kepada Menteri BUMN. Untuk hal-hal yang berkaitan hukum, ya laporkan aja ke aparat hukum agar tidak menjadi spekulasi di publik,” pinta politisi PPP itu.

Di dunia nyata, #ErickBersih2BUMN rame digaungkan para pengguna netizen. Berbagai pujian dan dukungan diberikan pada Erick. “Erick Thohir menegaskan bahwa aksi bersih-bersih Garuda Indonesia yang dilakukan bukan untuk mengincar oknum-oknum tertentu, tapi untuk program perbaikan secara menyeluruh di BUMN. Apresiasi banget untuk pak Erick Thohir,” cuit @And_Hongg. “Keren pak @erickthohir bersihkan sampah BUMN. Lanjutkan.” timpal akun @dhanu_sayangku. “Semakin nyata ketegasan Erick Thohir pada para pelaku tindak korupsi. Pertahankan pak Erick, kami bangga padamu,” samber @Mbee0820. [UMM/DWI/IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.