Dark/Light Mode

Jabat Ketua Harian DPP APKLI

Hery Haryanto Siap Perkuat Ekosistem Ekonomi Rakyat

Rabu, 12 Januari 2022 22:40 WIB
Ketua Umum Asosiasi Pedagang Kaki Lima (APKLI) Ali Mahsun Atmo resmi mengukuhkan Ketua Harian DPP APKLI Heri Haryanto Azumi di Lapak PKL Kedai Merapi, Setu Pedongkelan, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu (12/1). (Foto: Ist)
Ketua Umum Asosiasi Pedagang Kaki Lima (APKLI) Ali Mahsun Atmo resmi mengukuhkan Ketua Harian DPP APKLI Heri Haryanto Azumi di Lapak PKL Kedai Merapi, Setu Pedongkelan, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu (12/1). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum DPP Asosiasi Pedagang Kaki Lima (APKLI) Ali Mahsun Atmo resmi mengukuhkan Ketua Harian DPP APKLI Heri Haryanto Azumi di Lapak PKL Kedai Merapi, Setu Pedongkelan, Pekayon, Kec. Para Rebo, Jakarta Timur, Rabu (12/1).

Ali Mahsun menyampaikan, pengukuhan Ketua Harian DPP APKLI ini menjadi satu paket dengan diumumkannya Kabinet Revolusi Kaki Lima Indonesia DPP APKLI hasil perombakan pasca Rapimnas di Lombok Barat NTB, Desember akhir tahun lalu.

Kata Ali Mahsun, ini bagian dari percepatan operasi gerilya mendampingi usaha dan ekonomi PKL berbasis komunitas dan klaster spesifik mampu maju berkembang dan unggul di era digital.

Baca juga : Bamsoet Dorong APLI Tingkatkan Perekonomian Nasional

Dia yakin Hery Haryanto yang juga tokoh muda putra asli Trenggalek Jawa Timur ini mampu mengemban amanah tugas dan tanggung jawab fungsional Ketua Umum APKLI untuk mempercepat realisasi Revolusi Kaki Lima Indonesia.

"Saya yakin Mas Hery mampu komunikasi lintas kelembagaan dengan pemerintah pusat, gubernur, bupati, wali kota, swasta, TNI, Polri. Bagaimana merangkul semua kekuatan agar ekonomi rakyat maju," harapnya.

Ali Mahsun juga meminta Hery lebih dekat kepada pelaku ekonomi rakyat. "Ketua Harian harus mengawal kebijakan pemerintah agar lebih pro dan peduli kepada ekonomi rakyat," pintanya.

Baca juga : Kasus Kematian Babi Di Kalbar, Kementan Perkuat Kapasitas Respons Petugas

Usai didapuk menjadi Ketua Harian DPP APKLI, Hery mengaku akan langsung tancap gas membenahi ekosistem ekonomi rakyat agar terbangun.

"Terima kasih atas kepercayaan Ketua Umum. Kita akan fokus dua hal. Penataan ke dalam dan program-program memperkuat ekosistem ekonomi rakyat," ungkap Hery.

Selain itu, dia juga akan mengawal berbagai kebijakan pemerintah dan ekosistem usaha besar agar lebih peduli kepada usaha kecil milik rakyat.

Baca juga : Waspada Varian Omicron, Pemerintah Percepat Vaksinasi Anak-anak

"Agar kedaulatan di tangan pedagang kaki lima, usaha rakyat kecil. Agar ada kesempatan untuk mereka, yang ujungnya tentu kesejahteraan," tutur Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) ini.

Pemerintah, diakui Hery di masa pandemi Covid-19 memang kesulitan. Karenanya, harus ada kolaborasi antara seluruh elemen dalam menghadapi imbas menurunnya ekonomi karena pandemi. "Memang ada sebagian PKL, pedagang kecil, yang dapat bantuan. Tapi tentu banyak yang belum. Makanya kami siap membantu pemerintah menyalurkan bantuan kepada para pedagang kaki lima, UMKM, di bawah naungan APKLI," ujar Hery yang juga Ketua Umum dan Pendiri Forum Satu Bangsa.

Prosesi pengukuhan Ketua Harian DPP APKLI disertai potong tumpeng nusantara, serta penyerahan santunan yatim piatu, beasiswa anak PKL Indonesia baik SD, SMP, SMA, dan bantuan modal usaha ke pedagang asongan, kopi keliling, gerobak, tukang sayur, ojek, sopir, becak, pemulung, serta pengrajin. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.