Dewan Pers

Dark/Light Mode

Ahok Kepala Otorita IKN, Beneran Nih?

Rabu, 19 Januari 2022 07:50 WIB
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (Foto: Instagram)
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selain perdebatan soal nama Nusantara, masih ada lagi isu menarik yang muncul dalam pembahasan Ibu Kota Negara (IKN). Yakni, siapa Kepala Otorita yang akan memimpin IKN baru itu. Beredar kabar, Kepala Otorita ini akan ditempati oleh eks Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ini fakta atau hoaks ya?

Berdasarkan Undang-Undang IKN yang kemarin baru disahkan DPR, poin tentang aturan Kepala Otorita IKN diatur dalam beberapa pasal. Baik dari status, pengangkatan hingga masa jabatannya.

Berita Terkait : Waspada! Omicron Tambah Banyak Nih

Dalam Pasal 9 UU IKN disebutkan, Otorita IKN Nusantara dipimpin oleh Kepala Otorita IKN Nusantara dan dibantu oleh seorang Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara yang ditunjuk, diangkat, dan diberhentikan langsung oleh Presiden setelah berkonsultasi dengan DPR.

Sedangkan Pasal 10 UU IKN menyebutkan, Kepala Otorita IKN Nusantara dan Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 memegang jabatan selama 5 (lima) tahun, terhitung sejak tanggal pelantikan dan sesudahnya dapat ditunjuk dan diangkat kembali dalam masa jabatan yang sama.

Berita Terkait : Vaksin mRNA Bahaya Untuk Anak-anak, Bener Nggak Sih?

Dalam penunjukan kepala Otorita IKN, Presiden tidak perlu melakukan uji kelayakan dan kepatutan. Presiden cukup melakukan konsultasi kepada DPR soal pengangkatan maupun pemberhentian Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara.

Untuk menunjuk Kepala Otorita IKN, Jokowi punya waktu 2 bulan setelah RUU IKN resmi menjadi undang-undang. Lantas siapa yang akan ditunjuk Jokowi untuk Kepala Otorita IKN? Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa bilang, nama Kepala Otorita IKN sudah ada, tapi masih di kantong Presiden Jokowi. Belum diumumkan secara resmi.

Berita Terkait : Dongkrak Prestasi, Okto Minta PRSI Aktif Di Federasi Dunia

“Mengenai siapa yang akan ditunjuk oleh presiden, ya bisa ditanya ke presiden, ada di kantongnya beliau,” kata Suharso, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin.

Ketika didesak, Ketua Umum PPP itu mengelak, belum tahu. Tapi siapapun yang ada di kantong Jokowi itu, ia percaya bahwa pilihan RI 1 itu adalah orang yang tepat dan mampu menjalankan roda pemerintahan di IKN baru.
 Selanjutnya