Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ahok Kepala Otorita IKN, Beneran Nih?

Rabu, 19 Januari 2022 07:50 WIB
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (Foto: Instagram)
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Hal senada juga disampaikan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Kata dia, Kepala Otorita IKN nantinya akan diumumkan langsung oleh Jokowi. Menurut Luhut, Jokowi sudah memegang nama yang akan ditunjuk menjadi pemimpin IKN Nusantara. “Nanti akan diumumkan. Presiden sudah menunjuk, yang saya tahu begitu,” jelas Luhut.

Ketua Pansus RUU IKN, Ahmad Doli Kurnia juga mengaku belum tahu siapa sosok Kepala Otorita IKN Nusantara. Menurutnya, sesuai UU IKN, kewenangan itu ada di tangan Presiden Jokowi.

Baca juga : Waspada! Omicron Tambah Banyak Nih

“Kepala Otorita IKN yang pertama tidak mengharuskan Presiden berkonsultasi dengan DPR karena di RUU IKN ditetapkan dua bulan harus ada Kepala Otorita,” kata Doli, seperti dilansir Antara, kemarin.

Kendati demikian, politisi Golkar itu mensyaratkan Presiden harus berkonsultasi dengan DPR saat penunjukan Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN selanjutnya. Ia menyebut bahwa seorang Kepala Otorita harus punya pengalaman dalam hal perencanaan kota, urban planning dan planologi.

Baca juga : Vaksin mRNA Bahaya Untuk Anak-anak, Bener Nggak Sih?

“Paham bagaimana berinovasi mencari skema pembiayaan, serta orang yang berintegritas,” sebutnya.

Anggota Komisi II DPR, Luqman Hakim juga mengaku belum mendapat bocoran siapa yang akan menduduki kursi Kepala Otorita IKN. “Belum lah. Ya kalau presiden kan pernah menyebut ada 4 nama. Tinggal kita tunggu aja dari presiden itu. Atau mungkin juga ada nama baru,” kata Luqman, yang dihubungi, tadi malam.

Baca juga : Dongkrak Prestasi, Okto Minta PRSI Aktif Di Federasi Dunia

Sambil bercanda, ia menyarankan agar Kepala Otorita IKN adalah sosok yang tahan dalam kesunyian. Sebab, di awal-awal pembangunannya, IKN tentu belum seramai kota lainnya.

“Saran kita sederhana sih, Kepala Otorita IKN mesti tahan dalam kesunyian. Suka bertapa... He-he-he,” guyon Politisi PKB ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.