Dark/Light Mode

Orang Tua Tenang Anak Ikut PTM Jika Ventilasi Di Sekolah Baik

Sabtu, 22 Januari 2022 08:00 WIB
Sejumlah siswa mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) di SDN Joglo 03 pg, Jakarta Barat, Senin (3/1/2022). (Foto: Istimewa).
Sejumlah siswa mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) di SDN Joglo 03 pg, Jakarta Barat, Senin (3/1/2022). (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah tetap berjalan di tengah Covid-19 varian Omicron. Untuk mengantisipasi penularan, protokol kesehatan (prokes) wajib diterapkan. Terutama, ventilasi udara di kelas.

Melalui meme, @pandemictalks mengungkap pentingnya sekolah mempersiapkan ventilasi yang baik ketika melakukan PTM.

Mengutip dari sumber Foster & Kinzel (2021), memiliki ruangan kelas dengan ventilasi yang baik lebih penting daripada melakukan disinfektan secara rutin.

Baca juga : Penularan Corona Terjadi Jika Prokes Di Sekolah Lemah

“Semua stakeholder pun harus kembali meninjau dan memantau risiko penularan yang dapat terjadi di kelas dan juga area sekolah,” ujar @pandemictalks.

Akun @_nisanis_ mengungkap, mirisnya penerapan protokol kesehatan di sekolah yang menjalankan PTM. Prokes cuma sekadar cek thermo gun di tangan dan cuci tangan.

“Boro-boro deh sama ventilasi. Nggak ada peraturan untuk memprioritaskan ventilasi, durasi, jarak,” ungkapnya.

Baca juga : KKP Tangkap Kapal Ikan Asal Malaysia Di Selat Malaka

“Betul banget, di sekolah anak aku begitu. Terkadang guru di dalam ruang kelas juga buka masker. Ya tahu bahwa mengajar sambil menggunakan masker sungguh sesak,” timpal @fahzahraa_.

Akun @nusantics.air meminta sekolah menghentikan PTM jika tidak memperhatikan ventilasi udara di kelas. Ada penelitian yang mengatakan risiko penyebaran virus di ruangan lebih berisiko 18,7 kali dibandingkan di luar ruangan.

“Perlu ekstra hati-hati nih kita,” kata @nusantics.air. “Iya, paling demen semprot-semprot nggak jelas ya. Habis itu tetap saja nggak pakai masker,” timpal @tiatatyana.

Baca juga : Ujaran Kebencian Bukan Demokrasi, Tapi Kebebasan Liar

Padahal, kata @winindaapriyanti, virus Corona bersarangnya di tubuh. Sehingga, jika dilakukan disinfektan kemudian tidak memakai masker, dimungkinkan tetap bisa terkontaminasi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.