Dark/Light Mode

Orang Tua Tenang Anak Ikut PTM Jika Ventilasi Di Sekolah Baik

Sabtu, 22 Januari 2022 08:00 WIB
Sejumlah siswa mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) di SDN Joglo 03 pg, Jakarta Barat, Senin (3/1/2022). (Foto: Istimewa).
Sejumlah siswa mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) di SDN Joglo 03 pg, Jakarta Barat, Senin (3/1/2022). (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
“Patokan ventilasi yang baik itu seperti apa ya. Biar seragam pemahamannya. Apalagi risiko tertular 6 kali lebih tinggi,” tanya @ aisyah.muthmainnah.

Akun @arieadie setuju, harus ada kriteria teknisnya, mana ventilasi yang disebut baik dan mana yang tidak. Misalnya, standar pergantian udara dalam 1 ruangan kelas harus dilakukan dalam berapa menit sekali.

“Selama ukuran cuma baik atau buruk tanpa kriteria jelas, ya sampai kiamat nggak jelas juga jadinya,” tukasnya.

Baca juga : Penularan Corona Terjadi Jika Prokes Di Sekolah Lemah

“Lebih tenang melepas anak mengikuti PTM jika ventilasi di sekolah baik. Durasi tidak lama dan kerapatan masker bisa dijaga. Semprat-semprot disinfektan dan face shield sudah ketinggalan zaman,” tandas @DirtyJulian.

Sementara, @putrianita.17 yang merupakan seorang guru hanya bisa pasrah jika penerapan prokes tidak berjalan baik. Soalnya, sangat sulit mengatur anak-anak sekolah disiplin prokes.

“Perlu kerja sama dengan orang tua buat menanamkan bahaya Covid-19. Eh, tapi banyak orang tuanya malah nggak percaya Covid-19. Kita sebagai guru juga deg-degan sebenarnya,” ujarnya.

Baca juga : KKP Tangkap Kapal Ikan Asal Malaysia Di Selat Malaka

Senada dilontarkan @kaa_enn. Kata dia, semua orang tua khawatir dengan kondisi saat ini. Namun, tidak ada respons dari pimpinan dan peduli nasib anak-anak.

“Kakak aku guru selalu khawatir mesti PTM. Apalagi dia lagi hamil anak pertama. Setiap pulang selalu cerita kalau prokes di sekolahan nihil, kacau sampai mulut pegal memberi tahu anak-anak. Bahkan, ada guru yang ngeyel juga tetap abai prokes,” tutur dia.

Menurut @atihandayani, sudah banyak sekolah yang memperhatikan ventilasi kelas saat melakukan PTM 100 persen. Dia menilai ventilasi ruang kelas sudah oke banget.

Baca juga : Ujaran Kebencian Bukan Demokrasi, Tapi Kebebasan Liar

“Ruang kelasnya minim tembok, tapi sayangnya ada snack time, anak-anak makannya bareng-bareng,” katanya.

Bahkan, kata @onod32, suhu kelembaban ruangan pun juga diperhatikan. Range kelembaban Antara 40-60 persen adalah zona aman risiko dari droplet. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.