Dark/Light Mode

Pasien Omicron Boleh Isoman, Tapi Jangan Keluyuran!

Minggu, 23 Januari 2022 08:00 WIB
Ilustrasi Isolasi Mandiri. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi Isolasi Mandiri. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
“Selama isoman, pasien harus dalam pengawasan Puskesmas atau Satgas setempat,” sambung @lawancovid19_id.

Akun @GilsMah mengatakan, dalam rangka menghadapi lonjakan kasus Covid varian Omicron, Pemerintah menjamin kesiapan isoman terpusat. Pemerintah, kata dia, menjamin ketersedian tempat tidur dan oksigen di sejumlah rumah sakit.

“Yang sudah merasakan gejala flu berat atau ringan dan belum menjalani tes PCR, sebaiknya hindari tempat ramai agar tidak menularkan penyakit. Protokol kesehatan (prokes) harus tetap ketat,” saran @nunungnurhayati.

Baca juga : Siaga Covid Jangan Kendor

Menurut @KemenkesRI, karakteristik Covid-19 terus berubah. Kata dia, yang tetap dan harus ditingkatkan adalah kewaspadaan dan kesiapsiagaan seluruh pihak dalam menghadapi penularan Covid-19.

“Jangan panik, selalu hati-hati dan waspada dengan disiplin prokes 5M & segera lakukan vaksinasi dosis lengkap ya,” kata dia.

Sementara, @martha_oktoria tidak setuju pasien Omicron menjalani isoman di rumah. Soalnya, kata dia, varian Omicron sangat cepat menulara sehingga berpotensi menularkannya kepada anggota keluarga yang lain.

Baca juga : Waspadai Omicron, Kepala Daerah Dilarang Pergi Ke Luar Negeri

Terlebih, lanjut @martha_oktoria, banyak pasien positif Omicron yang menjalani isoman di rumah, membandel, keluyuran dan tidak menaati aturan. Dia meminta Pemerintah mempertimbangkan kembali keputusan isoman di rumah.“Varian Omicron menular banget. Ujung-ujungnya malah menularkan penyakit itu kepada keluarga lain,” sambung @dofeliciaj.

“Jangan anggap remeh dan menularkan ke orang sekitar! Omicron tetap berbahaya kalau penularan tinggi,” timpal @Gorenganinfo.

Menurut @nisatyas, banyak penelitian menunjukkan, gejala Omicron lebih ringan hanya bagi yang sudah divaksinasi. Sedangkan masyarakat yang belum divaksinasi, kata dia, bisa tertular dan jumlahnya masih banyak.

Baca juga : Tuh Kan Omicron Merajalela, Ayo Pake Maskernya!

Akun @totosoyuz menimpali. Dia meminta masyarakat tidak usah khawatir berlebihan dengan kebijakan isoman bagi pasien varian Omicron. Dia menegaskan, masyarakat yang sudah divaksin Covid-19 akan aman.

“Pemberian vaksin booster dapat mempertahankan tingkat kekebalan sekaligus memperpanjang masa perlindungan,” tambah @Naj_2709. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.