Dark/Light Mode

Foto KorKoruptor Dijual Di Medsos

Novanto Paling Mahal

Minggu, 23 Januari 2022 07:30 WIB
Tangkapan layar foto enam koruptor Indonesia yang dijual di Non Fungible Token (NFT) OpenSea. (Foto: Dok. Opensea)
Tangkapan layar foto enam koruptor Indonesia yang dijual di Non Fungible Token (NFT) OpenSea. (Foto: Dok. Opensea)

 Sebelumnya 
Ali meminta, semua pihak tidak menyalahgunakan nama dan logo KPK untuk kepentingan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Dia berpesan, kepada masyarakat mewaspadai akun yang mengatasnamakan KPK.

“KPK juga tidak pernah melakukan kegiatan melalui medium atau platform apapun yang bersifat komersial, jual-beli dan kegiatan ekonomi lainnya yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi,” tegas Ali.

Baca juga : Firli Dan Jaksa Agung Saling Mendukung

Ia meminta, masyarakat tak ragu melaporkan kepada aparat penegak hukum jika ada pihak yang menggunakan nama dan logo KPK untuk hal yang tidak benar. Masyarakat juga bisa langsung menghubungi call center KPK di 198.

Pakar hukum pidana dari Universitas Trisakti Jakarta, Abdul Fickar Hadjar mengatakan, fenomena ini sangat menarik. Penjualan ini juga untuk memperkenalkan para koruptor Indonesia ke dunia. Terlebih, kata dia, NFT OceanSea merupakan market place berskala global.

Baca juga : Orangtua Kudu Bijak, Liburan Di Masa Pandemi Bahayakan Anak

“Selain itu akan membuat ngeri calon koruptor yang membayangkan gambarnya akan tersebar ke seluruh dunia. Dan ini pasti akan membuat malu anak dan keturunannya sampai tujuh turunan,” tukas Fickar.

Warganet ikut mengomentari soal fenomena ini. Menurut mereka, penjualan foto koruptor juga bisa menjadi sosialisasi pemberantasan korupsi.

Baca juga : Lorenzo Yakin El Diablo Di Ambang Juara

Nah ini baru kreatif,” kata @andyydepp. “Setuju. Kenapa gak dari dulu ya,” cetus @AmrullahSarman. “Mantap mas bro. Koruptor Indonesia terkenal di seluruh dunia,” sambar @merhan_udin.

Ada juga yang langsung ngomentarin mahalnya wajah Novanto. “Wkwkwk. Papah tiang listrik laris,” seloroh @erika_solo. “Kenapa selalu dia yang dapat bagian,” heran @duniaordinary. “Kalau dia mati harganya melonjak,” kelakar @ispratanto. “Yang ada benjolannya seperti bakpao lebih asyik,” pungkas @M_imam_com. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.