Dark/Light Mode

Cakep, Sertifikat Vaksin Internasional Dari Kemenkes Sudah Standar WHO

Rabu, 2 Februari 2022 09:00 WIB
Sertifikat Vaksin Internasional. (Foto: Dok. Kementerian Kesehatan).
Sertifikat Vaksin Internasional. (Foto: Dok. Kementerian Kesehatan).

 Sebelumnya 
“Sertifikat vaksin internasional sangat ber­manfaat. Khususnya untuk pekerja migran dan jemaah umrah,” kata dia.

Senada diungkapkan @betty_cricket. Menurutnya, sertifikat vaksin internasional mempermudah jemaah umrah maupun haji yang akan masuk ke Tanah Suci. “Sertifikat vaksin internasional ini dilakukan agar sertifikat vaksin Indonesia bisa diakui di dunia,” timpal @rpajn.

Baca juga : Sertifikat Vaksin Kini Ada QR Code, Sesuai Standar Internasional

Akun @elementals_666 menyambut baik sertifikat vaksin internasional. Namun, masih ragu dengan biaya pembuatan sertifikat. “Kalau mengubah tampilan sertifikat vaksin jadi sertifikat vaksin internasional, kena biaya kah?” tanyanya.

“Untuk menambahkan nomor paspor ba­gaimana ya,” tanya @y2key200. “Minta tolong di-update system-nya min, belum ada tempat isi nomor paspor,” pinta @alazuardn.

Baca juga : UMKM Kantongi Momentum Untuk Mendunia

Akun @fippo69 mengaku sudah men­coba membuat sertifikat vaksin internasional. Namun, masih banyak kendala yang dihadapi. Suntik vaksin yang dapat dari luar Indonesia susah didaftarkan di PeduliLindungi.

“Vaksin 1 sudah terdaftar tapi vaksin yang kedua dan ketiga susah didaftarkan,” akunya.

Baca juga : Kemenkes Terbitkan Sertifikat Vaksin Internasional Standar WHO

Keluhan serupa dilontarkan @notgugel­product. Dia mengaku sudah mengajukan verifikasi vaksin internasional dari beberapa minggu yang lalu, tapi sampai sekarang belum ada hasil verifikasinya. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.