Dark/Light Mode

Satpam Ganti Seragam

Hashtag Polisi India Trending Topic

Kamis, 3 Februari 2022 08:31 WIB
Seragam satpam yang baru. (Foto: Twitter @ferry_suryo)
Seragam satpam yang baru. (Foto: Twitter @ferry_suryo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Polri kembali mengganti warna seragam satpam dari cokelat diganti krem. Warna baru ini dinilai warganet mirip seragam polisi India.

Ini kali kedua Polri mengubah seragam satpam. Pada perubahan pertama, Polri mengganti warna putih ke cokelat. Aturan itu termuat dalam Peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Perkap) nomor 4/2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

Kapolri saat itu, Idham Azis yang menandatanganinya pada 5 Agustus 2020.

Baca juga : Banyak Kepala Daerah Tersangkut Kasus Korupsi, Ini Kata Tito

Polri memutuskan ada lima jenis pakaian dinas satpam, yakni Pakaian Dinas Harian (PDH), Pakaian Dinas Lapangan Khusus (PDL Sus), Pakaian Dinas Lapangan Satu (PDL Satu), Pakaian Sipil Harian (PSH) dan Pakaian Sipil Lengkap (PSL).

Warna seragam cokelat hanya bertahan 1,5 tahun saja. Kemarin, Polri resmi mengubahnya menjadi warna krem. Seragam baru itu diperkenalkan dalam upacara Peringatan HUT ke-41 satpam yang digelar di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta. Ratusan satpam yang hadir telah mengenakan seragam baru.

Satpam%20di%20Lapangan%20Bhayangkara.jpg" style="max-width:100%; width:800px" />
Korbinmas Baharkam Polri secara resmi mengenalkan warna baru seragam satuan pengamanan (satpam) dalam upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-41 Satpam, di Lapangan Bhayangkara Polri, Jakarta Selatan, Rabu (2/2/2022). (Foto: Dok. Humas Polri).

Berdasarkan informasi dari Instagram resmi @divhumaspolri, seragam baru satpam berwarna krem dan berlengan pendek. Pada lengan sebelah kanan, terdapat lambang kepolisian di masing-masing wilayah satpam bertugas.

Baca juga : Pakai Ganja, Ardhito Pramono Ditangkap Polisi

Misalnya, jika satpam tersebut bertugas di DKI Jakarta, maka pada seragam lengan kanannya tertera lambang Polda Metro Jaya. Begitupun dengan satpam di wilayah lain, terdapat lambang masing-masing Polda di wilayah mereka.

Lalu, di sisi kiri lengan seragam ada lambang masing-masing perusahaan tempat satpam tersebut bertugas. Selain itu, di dada bagian kiri terdapat lambang yang disertai emblem bertuliskan Satpam. Kemudian, pada dada sebelah kiri tertera emblem nama anggota satpam disertai nomor induknya.

Pergantian warna atasan ini tak disertai dengan perubahan warna celana. Seragam celana satpam tetap berwarna cokelat tua.

Baca juga : Gandeng 70 Industri, Kemendag Produksi Minyak Goreng Rp 14 Ribuan

Warganet pun ikutan komentar soal seragam satpam baru tersebut. Mereka menilai seragam baru satpam ini serupa dengan kepolisian India. Bahkan, di Twitter, “Polisi India” bertengger di trending topic dengan 2.710 cuitan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.