Dark/Light Mode

Penerbangan Internasional Dimulai, Garuda Indonesia Buka Rute Khusus Kargo Denpasar-Narita

Kamis, 3 Februari 2022 19:33 WIB
Garuda Indonesia mulai melayani penerbangan internasional regular perdana ke Bali. (IST)
Garuda Indonesia mulai melayani penerbangan internasional regular perdana ke Bali. (IST)

RM.id  Rakyat Merdeka - Garuda Indonesia menjadi maskapai penerbangan pertama yang melayani penerbangan internasional reguler menuju Bali di tahun 2022.

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia mulai melayani penerbangan internasional regular perdana ke Bali, hari ini (3/2), sejalan dengan kembali dilayaninya penerbangan internasional melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Adapun layanan penerbangan tersebut dioperasikan melalui rute Narita - Denpasar dengan armada A330-300.

Pada penerbangan perdana rute Narita - Denpasar, Garuda turut mengangkut komoditas kargo dari Jepang sebesar 30 ton yang terdiri dari sparepart konstruksi, otomotif, hingga barang elektronik.

Baca juga : Tahan Edy Mulyadi, Poros Muda Indonesia Apresiasi Polri

Pengoperasian penerbangan ini sejalan dengan diresmikannya rute penerbangan khusus kargo Denpasar - Narita via Manado yang mulai beroperasi pada Rabu (2/2).

Dan turut diselaraskan dengan kebijakan Pemerintah terkait pembukaan akses pintu masuk internasional Bali mulai tanggal 4 Februari 2022.

Diresmikannya rute penerbangan Narita - Denpasar ini merupakan hasil kerja sama antara Garuda Indonesia dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang juga mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Bali, serta Kedutaan Besar RI di Jepang.

Pada tahap awal ini, penerbangan Narita-Denpasar akan melayani penumpang yang telah memiliki visa bisnis maupun masyarakat yang telah memenuhi kriteria perjalanan lainnya, sesuai dengan ketentuan perjalanan internasional yang berlaku di Indonesia.

Baca juga : Bulog Salurin 6 Ton Beras Bervitamin

Adapun rute penerbangan Narita – Denpasar tersebut dilayani satu kali setiap minggunya pada hari Kamis, dengan nomor penerbangan GA 881 yang akan diberangkatkan dari bandara internasional Narita pada pukul 09.15 LT dan akan tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar pada pukul 16.00 WITA.

Lebih lanjut, pesawat yang dioperasikan untuk melayani penerbangan tersebut merupakan armada yang sebelumnya digunakan sebagai angkutan khusus kargo dengan rute penerbangan Denpasar - Narita melalui Manado yang beroperasi sebanyak 1 kali per minggu setiap hari Rabu.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan, dibukanya kembali layanan penerbangan Narita – Denpasar merupakan bentuk komitmen Garuda Indonesia sebagai national flag carrier dalam mendukung program Pemerintah.

Khususnya terkait dengan upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional yang dioptimalkan melalui penyediaan aksesibilitas layanan penerbangan yang aman dan nyaman bagi seluruh pengguna jasa.

Baca juga : Partai Perindo Siapkan Strategi Khusus Dulang Suara Di Pemilu 2024

“Dilayaninya penerbangan internasional Narita – Denpasar ini menjadi momentum tersendiri atas akselerasi dan sinergitas seluruh stakeholder penerbangan dalam mendukung kebangkitan sektor ekonomi nasional, khususnya Bali yang merupakan salah satu kawasan ekonomi terpadu di Indonesia ” Jelas Irfan.

Layanan penerbangan ini merupakan bagian dari upaya perusahaan dalam memaksimalkan potensi pasar Narita, Jepang secara berkesinambungan. Baik melalui pangsa pasar angkutan kargo yang difokuskan pada angkutan komoditas ekspor unggulan Bali, melalui rute khusus penerbangan kargo Denpasar - Manado - Narita.

"Serta angkutan penumpang inbound menuju Indonesia melalui rute penerbangan Denpasar - Narita," imbuh Irfan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.