Dark/Light Mode

Please...Jangan Terulang Lagi RS Penuh, Antre Oksigen

Jumat, 4 Februari 2022 09:00 WIB
Ilustrasi, rumah sakit Covid-19. (ANTARA FOTO/CHINA DAILY/ FILE PHOTO/AWW/DJ)
Ilustrasi, rumah sakit Covid-19. (ANTARA FOTO/CHINA DAILY/ FILE PHOTO/AWW/DJ)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kasus Covid-19 di Indonesia kembali mengalami lonjakan karena penyebaran varian Omicron. Jika tidak segera dicegah, pengalaman buruk bisa kembali terulang seperti yang terjadi saat gelombang kedua Covid-19 menyerang.

Melalui meme, @satgas.relawan mengungkap berbagai pengalaman buruk yang terjadi saat gelombang kedua Covid-19 menyerang. Seperti grup chat yang isinya cuma berita duka, petugas makam lembur siang malam, tenda darurat di rumah sakit dan sirene ambulans hilir mudik terdengar, hingga panik mencari tabung oksigen.

“Untuk itu, jangan sampai kita lengah dan mengabaikan protokol kesehatan (prokes) dasar 3M (mencuci tangan pakai sabun, memakai masker dan menjaga jarak). Selain itu, mari percepat vaksinasi primer dan dosis 3 (booster) dengan datang ke fasilitas kesehatan terdekat,” ajaknya.

Baca juga : BNPT: Pesantren Terafiliasi Jaringan Teror Hanya 0,007 Persen

Akun @Dew0W1snu meminta Orang Tanpa Gejala (OTG) dan gejala ringan akibat terpapar Covid-19 segera melakukan isolasi mandiri, bukan di rumah sakit.

“Biarkan rumah sakit menjadi tempat saudara-saudara kita yang parah, berat, sedang kritis, membutuhkan oksigen, dirawat di sana,” katanya.

Senada dilontarkan @triadinda. Dia mengenang, sempat ada masa di mana mereka yang percaya Covid-19 dan tidak percaya Covid-19 rebutan oksigen, rebutan rumah sakit, dan mohon-mohon supaya bisa dirujuk karena keadaan sudah nggak karuan.

Baca juga : KPK Tetapkan Hakim Itong Isnaeni Tersangka Suap Pengurusan Perkara

“Semoga nggak terulang lagi masa seperti itu,” harapnya.

Akun @katanyaihsan mengungkapkan, Pemerintah telah menyiapkan berbagai kebutuhan untuk menghadapi gelombang ketiga Covid-19. Antara lain, menjamin kesiapan ruang isolasi dan oksigen bagi para pasien Covid-19. “Obat-obatan dipastikan aman,” ungkapnya.

Akun @BotakPahlawan menegaskan, pemerintahan Jokowi siap tanggap bencana, belajar dari pengalaman kekurangan stok oksigen sangat berbahaya di masa pandemi. Dengan munculnya Omicron, Pemerintah tidak mau terulang lagi hal serupa seperti varian Delta.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.