Dark/Light Mode

Airlangga Hartarto Punya Darah Pasundan, Nama Uwanya Eddy Sukardi Diabadikan Jadi Nama Jalan Dii Sukabumi

Kamis, 10 Februari 2022 16:50 WIB
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat berbincang santai bersama tokoh adat Sunda dalam forum silaturahmi di Jakarta, Kamis, (10/2). (Foto: Ist)
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat berbincang santai bersama tokoh adat Sunda dalam forum silaturahmi di Jakarta, Kamis, (10/2). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto ternyata memiliki darah Pasundan.

Terungkap, Uwa atau paman Ketua Umum Partai Golkar itu adalah pahlawan kemerdekaan asal Jawa Barat (Jabar),.yakni Letnan Kolonel (Letkol) Eddy Sukardi, yang namanya diabadikan sebagai nama jalan di Sukabumi.

Airlangga Hartarto bercerita, Letkol Eddy Sukardi memimpin pertempuran di tanah Pasundan pada tanggal 9 Desember 1945.

Baca juga : Airlangga Hartarto Dapuk Master Supandi Jadi Bapak Taiji Indonesia

"Pertempuran 9 Desember 1945 di Bojongkokosan yang dipimpin oleh Letkol Eddy Sukardi ditetapkan sebagai hari juang Siliwangi," terangnya, saat berbincang santai bersama tokoh adat Sunda dalam forum silaturahmi di Jakarta, Kamis, (10/2).

Hari Juang Siliwangi untuk menghormati jasa uwa-nya tersebut, kata Airlangga, telah ditetapkan sejak tahun 2004.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, dipilihnya nama uwa dari Menko Airlangga sebagai nama jalan di Sukabumi adalah bentuk penghormatan terhadap jasa Letkol Eddy Sukardi.

Baca juga : Bangganya Sandiaga, Ubud Dinobatkan Jadi Kota Wisata Terbaik Keempat Di Dunia

Edy Sukardi diketahui berjasa selama masa perang kemerdekaan RI. Saat menjabat sebagai Komandan Resimen III TKR dengan pangkat Letkol. Ia memimpin perang melawan pasukan sekutu yang dipimpin Inggris, di sepanjang jalur Bojongkokosan, Sukabumi-Cianjur.

Dalam pertempuran yang terjadi Desember 1945-Maret 1946, Eddy dan pasukannya berhasil membuat tentara Inggris dan pasukan Gurkha, kocar-kacir.

Banyak serdadu yang gugur. Bahkan 150 kendaraan tempur hancur. Termasuk, tank Sherman, kendaraan tempur legendaris dalam Perang Dunia II.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.