Dark/Light Mode

BOR Pasien Covid-19 Naik Terus

Fasilitas Layanan Kesehatan Jangan Sampai Ambruk Ya..!

Senin, 14 Februari 2022 08:00 WIB
Ilustrasi. Tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi. Tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Tjandra mewanti-wanti, apabila jumlah kasusnya terus meningkat, tentu yang dirawat di rumah sakit juga bisa melonjak. Karena itu, masyarakat perlu menyikapinya dengan bijak, membatasi kegiatan sosial dan memperketat protokol kesehatan (prokes).

Netizen bersyukur keterisian kamar tidur rumah sakit masih terkendali.

“Alhamdulillah, tidak terlihat seperti tahun lalu banyak sekali yang memerlukan oksigen. Untuk kali ini, lebih banyak yang hanya bergejala ringan, sehat terus Indonesiaku,” ujar @apt.andry.

Baca juga : Fasilitas Kesehatan Terancam Kolaps

Akun @senandungpagi9 mengatakan, fasyankes akan mengibarkan bendera putih atau menyerah jika BOR di RS naik terus. Fasyankes tidak akan mampu melakukan perawatan jika kasus Covid-19 tidak terkendali.

“Aturan mobilitas diperketat, itu yang penting,” kata @senandungpagi9. “Buat nakes yang setiap hari melek di RS terasa banget sekarang pasien Covid naik, jadi beban banget buat nakes,” timpal @Lalunalubna.

Akun @drpriono1 mengatakan, keterisian kapasitas kamar tidur rumah sakit belum mengkhawatirkan meski kasus Covid-19 mencapai lebih dari 50 ribu per hari. Dia bilang, kapasitas RS dan ICU (Intensive Care Unit) masih aman.

Baca juga : Kapolri: Hadapi Lonjakan Covid-19 Harus Dengan Upaya Maksimal

“Agar tidak terjadi ledakan Covid-19, sikap kita tenang, jangan panik, jangan sebar informasi Covid-19 berbasis ketakutan masyarakat. Siapa pun boleh share info Covid tapi gunakan diksi yang tepat, diksi berbasis perlindungan masyarakat,” imbau @Mbahhardiman.

Akun @FrankyTts mengkhawatirkan nasib tenaga kesehatan (nakes) jika BOR terus naik.

Akun @LaporCovid meminta masyarakat tidak lagi meremehkan Omicron. Semakin naik kasus Covid, tentu potensi dirawat di RS juga semakin banyak.

Baca juga : Kasus Covid Melonjak, KAI Pastikan Operasional Kereta Sesuai Prokes

“Kenaikan kasus sama dengan kenaikan kamar dan kenaikan kebutuhan obat. Harus bergegas menguatkan kembali layanan kesehatan hingga level Puskesmas di seluruh Indonesia,” ungkapnya. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.