Dark/Light Mode

Ketua DPRD Kukar Pastikan Mayoritas Warga Kalimantan Dukung IKN

Kamis, 17 Februari 2022 20:33 WIB
Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid. (Foto: Istimewa)
Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Dukungan IKN Merata

Lebih lanjut, politisi Partai Golkar itu mengatakan, dukungan terhadap program pemindahan IKN Kaltim ini pun mendapatkan respon positif bagi masyarakat Kalimantan.

Baca juga : Ketua DPR Yakin UU Keolahragaan Perbaiki Tata Kelola Dan Iklim Olahraga

"Kalau bicara dukungan penetapan IKN, hampir seluruh rakyat Kaltim khususnya, dan Kalimantan pada umumnya dipastikan mendukung penuh kebijakan tersebut," tegasnya.

Apalagi kata Rasid, rencana penetapan IKN di Kalimantan ini sudah muncul sejak era Presiden Soekarno. Namun saat ini baru bisa terlaksana dengan kebijakan pemerintah di bawah komando Presiden Joko Widodo.

Baca juga : Gempa Darat M3,4 Getarkan Wilayah Bulungan Kalimantan Utara

"Sejak Presiden pertama Sukarno mencetuskan ide kepindahan IKN di Kalimantan Tengah, seluruh rakyat Kalimantan sangat mendukung dan menunggu kepindahan IKN tersebut. Otomatis dengan kepindahan IKN ini, Kaltim akan menjadi sentral pembangunan di luar Jawa, bahkan menjadi pemersatu bangsa Indonesia, karena posisi letak geografisnya yang strategis di tengah-tengah kepulauan Nusantara," tuturnya.

Sementara itu, soal adanya penolakan dari banyak kalangan khususnya di luar Kalimantan adalah sesuatu yang biasa. Apalagi di iklim demokrasi yang dijalankan oleh Indonesia selama ini. "Tetapi keberanian Pak Jokowi dengan memindahkan IKN ke Kaltim, bisa dipastikan juga untuk kepentingan bangsa," ucap Rasid.

Baca juga : Jalanan Ibu Kota Lancar

Atas dasar itu, ia meyakini betul bahwa rencana pemindahan IKN dari Jakarta ke Kalimantan Timur bukan program dadakan. Akan tetapi sudah melalui perhitungan yang sangat matang, termasuk aspek pembiayaan pembangunannya.

"Wajar Kaltim sebagai kontributor besar penyumbang devisa nasional, sangat  bersyukur diberi mandat sebagai wilayah IKN baru menggantikan Jakarta," paparnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.