Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

UU-Nya Sudah Diteken Presiden, Pembangunannya Dimulai Tahun Ini

Upacara 17-8-2024 Di IKN Baru, Ini Mimpinya Jokowi

Sabtu, 19 Februari 2022 08:45 WIB
Desain Ibu Kota Negara. (Foto: Dok. Instagram Nyoman Nuarta).
Desain Ibu Kota Negara. (Foto: Dok. Instagram Nyoman Nuarta).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi bermimpi bisa merayakan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2024 nanti, di Ibu Kota Negara (IKN) baru, di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Agar mimpi ini kesampaian, Jokowi terus menggeber proyek IKN yang dianggarkan akan menelan duit ratusan triliun rupiah itu.

Terbaru, ada dua keputusan strategis terkait IKN ini. Pertama, Jokowi resmi menandatangani UU IKN yang sudah disahkan DPR, 18 Januari lalu, itu. UU IKN diregistrasi dengan Nomor 3 tahun 2022. Keputusan kedua disampaikan Kementerian PUPR. Kementerian yang dipimpin Basuki Hadimuljono ini memastikan, pembangunan IKN yang diberi nama Nusantara itu, akan dimulai semester kedua, tahun ini.

Jokowi resmi menandatangani UU IKN itu, Selasa (15/2). Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional sekaligus Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa mengatakan, setelah aturan tersebut diteken Jokowi, maka proses pembangunan IKN akan segera dimulai.

Baca juga : Kawan Vaksin Siap Disuntik Bareng Jokowi

Ia berharap, pembangunan ini menjadi awal peradaban baru bagi Indonesia. Kota yang menjadi simbol identitas nasional, kota yang berkelanjutan, serta penggerak ekonomi di masa depan.

Ketua Umum PPP ini pun berjanji akan melibatkan masyarakat sekitar dalam setiap proses pembangunan IKN. “Masyarakat lokal partisipasinya luas, apakah ikut dalam membangun, apakah ikut dalam bekerja, semuanya terbuka, lapangan kerja terbuka untuk mereka,” kata Suharso, kemarin.

Kapan pembangunan IKN dimulai? Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Wandy Tuturoong mengatakan, pemerintah masih perlu menyiapkan sejumlah aturan turunan UU IKN sebelum memulai proses pembangunan.

Baca juga : Terawan Terbitkan Protokol Kesehatan Perjalanan di Bandara dan Pelabuhan, Ini Isinya

Dia menargetkan, sederet aturan itu bakal rampung Maret atau April mendatang. Kini, proses pembahasan aturan masih dibahas dipimpin oleh Bappenas.

Setelah aturan turunannya rampung, langkah selanjutnya adalah memilih Kepala Otorita IKN yang kemungkinan dilakukan Maret atau April. Setelah itu, proyek pembangunan baru bisa berjalan.

Siapa yang akan dipilih sebagai Kepala Otorita IKN? Kata dia, sejumlah nama yang saat ini beredar, bisa saja dipilih Jokowi. “Sekali lagi, ini hak prerogatif presiden,” kata Wandy, kemarin.

Baca juga : Teroris Sudah Masuk Partai, Waspadalah..!

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono memastikan, pembangunan IKN akan dimulai pertengahan tahun ini. Yang pertama dibangun adalah infrastruktur jalan, bendungan, dan gedung-gedung pemerintahan untuk kawasan IKN.

“Mulai semester kedua nanti akan dimulai pembangunannya,” kata Basuki dalam Rapat Koordinasi Keterpaduan Pengembangan Infrastruktur Wilayah Tahun 2022 di Jakarta, Kamis (17/2).

Basuki menuturkan, pembangunan IKN merupakan pekerjaan besar. Karena itu, harus dilakukan dengan gotong royong, melibatkan banyak pihak, seperti Bappenas hingga DPR. Untuk proses ini, Basuki mengaku harus bertemu Jokowi hampir tiap pekan untuk melaporkan perkembangan perencanaan IKN.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.