Dark/Light Mode

Satgas Sebar Masker Dan Perkuat Duta Perubahan Perilaku

Rabu, 23 Februari 2022 08:59 WIB
Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harry B Harmadi. (Foto: Dok. BNPB)
Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harry B Harmadi. (Foto: Dok. BNPB)

 Sebelumnya 
Sesuai perintah Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Suharyanto, para duta perubahan perilaku ini diminta ikut memasifkan pembagian masker di lapangan selama Februari 2022.

Sekitar 2,5 juta masker dibagikan oleh tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di wilayah Jabodetabek dan Bandung raya sebagai upaya mitigasi mengurangi risiko penularan Covid-19.

Baca juga : Laskar Ganjar Puan Perkuat Desa Sebagai Basis Kemenangan Di 2024

“Tidak kurang dari 2 juta masker dibagikan oleh para duta perubahan perilaku. Khususnya untuk masyarakat berpendapatan menengah ke bawah,” imbuhnya.

Upaya ini berbuah manis. Berdasarkan data dashboard monitoring perubahan perilaku, Sonny menjelaskan, skor kepatuhan masyarakat terhadap prokes 3M cenderung meningkat.

Baca juga : 3 Maskapai Asing Ajukan Pengaktifan Kembali Rute Penerbangan Ke Bali

Skor kepatuhan memakai masker naik dari 7,82 pada Januari, menjadi 8,09 pada bulan ini. Pada periode yang sama, skor kepatuhan menjaga jarak juga naik dari 7,55 menjadi 7,85. Sedangkan, skor kepatuhan mencuci tangan membaik dari 7,59 ke angka 8,00. rentang skor kepatuhan antara 1 (sangat tidak patuh) hingga 10 (sangat patuh).

Selain karena adanya penggerakan lapangan dan kampanye yang massif, kenaikan skor juga dipengaruhi persepsi risiko di masyarakat. Saat terjadi lonjakan kasus dan kenaikan positivity rate, masyarakat merespons peningkatan risiko penularan dengan membatasi mobilitas dan lebih ketat menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga : Terapkan Nilai Kebangsaan, Jalan Desa Di Aceh Berubah Jadi Pancasila

“Selama dua tahun pandemi, perilaku adaptif pencegahan penularan Covid-19 sudah terjadi di masyarakat,” jelas Sonny. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.