Dark/Light Mode

Firli Bahuri: Banyak Pihak Ibaratkan KPK Motor Penggerak Amar Maruf Nahi Munkar...

Senin, 28 Februari 2022 20:17 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto: Ist)
Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengucapkan selamat kepada umat muslim dunia yang memperingati Isra Miraj 1443 H.

Dia menyampaikan, esensi yang dapat dipetik dari peristiwa Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW adalah nilai amar ma’ruf nahi munkar yang artinya melakukan kebaikan dan mencegah kejahatan.

Baca juga : Soal Billboard Firli Bahuri, KPK: Kami Tak Pernah Lakukan Pengadaan Dan Pembiayaan

Nilai amar ma'ruf nahi munkar selalu diajarkan dan diperlihatkan Nabi Muhammad SAW dalam keseharian semasa hidupnya.

"Seyogianya dapat kita lakukan semaksimal mungkin, yaitu dengan menjalankan tugas pokok fungsi peran dan kewajiban jika memiliki jabatan, dengan lisan atau perkataan, dan minimal diniatkan serta diucapkan dalam hati," ujar Firli dalam siaran pers, Senin (28/2).

Baca juga : Kiai Ma’ruf Mana Suaranya

Dia menjelaskan, umumnya manusia yang menjalankan prinsip amar ma'ruf nahi munkar akan melakukan rencana perbaikan moral, etika, akhlak, serta mencegah, baik dirinya maupun lingkungan sekitarnya, dari kejahatan yang merusak.

Dua kejahatan yang dia soroti adalah korupsi serta perilaku koruptif. Firli memaparkan, banyak yang mengibaratkan KPK sebagai motor penggerak amar ma'ruf nahi munkar.

Baca juga : Bangganya Sandiaga, Ubud Dinobatkan Jadi Kota Wisata Terbaik Keempat Di Dunia

Hal itu tak terlepas dari berbagai langkah pencegahan korupsi yang dilakukan komisi antirasuah dan tindakan keras dalam menindak para koruptor serta mengirim mereka ke penjara.

“Pandangan publik ini kami anggap sebagai suplemen khusus penambah energi bagi setiap insan KPK, dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai ujung tombak pemberantasan korupsi di Indonesia,” ungkap mantan Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) ini. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.