Dark/Light Mode

Kasus Covid Di Sini Terus Turun

Negara Tetangga Iri

Sabtu, 5 Maret 2022 09:20 WIB
Komandan PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Kemenko Marves)
Komandan PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Kemenko Marves)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia sukses mengendalikan penyebaran Omicron dengan baik. Buktinya, sejak akhir Februari, kasus harian Covid-19 terus menurun. Menurut Komandan PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan, keberhasilan ini membuat negara tetangga kita iri.

Tren penurunan kasus Corona di beberapa daerah sudah terjadi sejak sepekan lalu. Situasinya berbeda dengan tiga pekan lalu, tepatnya pada 16 Februari. Saat itu, penyebaran Covid-19 mencetak rekor dengan 64 ribu kasus per hari.

Baca juga : Tak Ditahan, Tersangka Bisa Kabur Ke Luar Negeri Deh...

Memasuki akhir Februari, kasus harian mulai melandai, terutama untuk Jawa-Bali. Kasus harian yang 50 ribu per hari menurun ke angka 40 ribu. Kemarin, angkanya turun lagi. Dalam data Satgas Penanganan Covid-19, tambahan kasus per hari kemarin sebanyak 26.346 orang. Sementara kasus sembuh naik sebanyak 40.462 orang. Adapun kasus meninggal bertambah 328 orang. Kasus aktif  517.253. Jumlah tersebut berkurang 14.443 dari hari sebelumnya.

Luhut mengatakan, kemampuan Indonesia mengendalikan penyebaran Omicron ini membuat negara tetangga iri. Tanpa menyebut nama, Menko Kemaritiman dan Investasi itu menyebut, saking irinya, negara tersebut menuding Indonesia telah memanipulasi data.

Baca juga : Jenderal Andika Tidak Bergejala

"Negara tetangga mengatakan kita memanipulasi keterangan, tapi kita di sini bicara pada data. Silakan saja bila ingin melihat data yang kita miliki tentang kuburan dan rumah sakit sesuai kenyataan di lapangan," kata Luhut, dalam keterangan tertulis, kemarin.

Luhut mengungkapkan, kasus harian Corona memang mengalami penurunan cukup signifikan. Selain itu, tingkat rawat inap rumah sakit juga menunjukkan tanda perlambatan. Kasus kematian secara keseluruhan juga berada pada level rendah. 

Baca juga : Kemenkes Catat Kasus Konfirmasi Covid-19 Pada Minggu Turun 7,87 Persen

Penurunan kasus terjadi di seluruh wilayah di provinsi Jawa dan Bali. Meski Jawa Tengah dan DIY masih mengalami peningkatan kasus, namun Luhut yakin, kedua wilayah tersebut akan segera mengalami penurunan kasus dalam beberapa waktu ke depan.

Dengan capaian yang baik ini, mulai dari penurunan kasus hingga percepatan vaksinasi, Luhut menilai Indonesia akan makin dekat memenuhi syarat menuju kondisi endemi. Purnawirawan jenderal bintang empat ini mengatakan, Pemerintah saat ini tengah menyiapkan sederet kebijakan menuju endemi. Peta jalan untuk normalisasi aktivitas masyarakat akan diterapkan agar kasus Covid-19 hingga tingkat kematian bisa tetap berada di level rendah. Di antaranya dengan memperluas vaksinasi, baik dosis lengkap maupun booster. Selain itu, Pemerintah juga akan meningkatkan kegiatan testing dan tracing hingga jaminan fasilitas kesehatan yang lebih mumpuni.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.