Dark/Light Mode

HMS Center Sayangkan Tak Ada Nama Mantan Presiden Soeharto Dalam Keppres 1 Maret

Minggu, 6 Maret 2022 17:56 WIB
Ketua Umum Hidupkan Masyarakat Sejahtera (HMS) Center, Hardjuno Wiwoho. (Foto: Ist)
Ketua Umum Hidupkan Masyarakat Sejahtera (HMS) Center, Hardjuno Wiwoho. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Nama dan peran presiden yang pernah menjabat selama 32 tahun itu, kata Mahfud, tetap ada dalam Naskah Akademik Keppres 2/2022 tentang Hari Penegakan Kedaulatan Negara. 

Baca juga : Mahfud Luruskan Anggapan Nama Soeharto Dihilangkan Dari Sejarah

"Nama dan peran Soeharto disebutkan di Naskah Akademik Keppres yang sumbernya komprehensif," tegas mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini.

Baca juga : Usulan Perpanjangan Masa Jabatan Presiden Khianati Reformasi

Selain nama Soeharto, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (SIY) Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Presiden Ir Soekarno, Wakil Presiden Moh Hatta, Panglima Besar Jenderal Sudirman yang kala itu pemimpin pasukan gerilya SU 1 Maret 1949, juga ada dalam naskah akademik Keppres 2/2022 tersebut.

Baca juga : Menteri Siti Paparkan 3 Isu Prioritas Dalam Pertemuan EDM-CSWG G20

"Di dalam konsiderans ditulis nama Hamengkubuwono IX, Soekarno, Hatta, Sudirman sebagai penggagas dan penggerak. Peran Soeharto, Nasution, dan lain-lain ditulis lengkap di Naskah Akademik. Sama dengan naskah Proklamasi 1945, hanya menyebut Soekarno-Hatta dari puluhan founding parents lainnya," tutup mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini. [KPJ] 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.