Dark/Light Mode

Hari Perempuan Internasional

Kesetaraan Gender Harus Dijadikan Investasi Vital

Selasa, 8 Maret 2022 14:54 WIB
Hari Perempuan Internasional Kesetaraan Gender Harus Dijadikan Investasi Vital

 Sebelumnya 
Dia menambahkan, anak perempuan masih menghadapi berbagai tantangan. Seperti gender stereotype dan bias dalam berbagai aspek. Yang berdampak pada terhambatnya peluang untuk membuat keputusan bagi hidup mereka. Terlebih untuk memimpin.

Lebih lanjut, menurutnya, urgensi penguatan kesetaraan gender semakin besar saat ini. Mengingat pandemi Covid-19 turut memperparah ketidaksetaraan yang dialami perempuan. Termasuk di Indonesia. Data dari laporan "Halting Lives 2 : In Their Own Voice: Girls and Young Women on the Impact of Covid-19" oleh Plan International yang melibatkan 7.000 anak perempuan dan perempuan muda di 14 negara mengungkapkan, 31 persen keluarga responden kehilangan pekerjaan.

Baca juga : Harga Pertalite Paling Murah Dibandingkan Pesaing

"Serta tidak memiliki penghasilan rumah tangga yang dapat mendukung pemenuhan hak anak perempuan," jelasnya.

Makanya, melalui momentum Hari Perempuan International 2022, Plan Indonesia menyerukan ke seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah maupun sektor swasta, untuk bersama-sama bertindak dan melawan ketidaksetaraan gender.

Baca juga : PUPR Klaim Pembangunan Huntap Korban Bencana Di NTB Sudah Selesai

“Kita juga harus memastikan agar kaum perempuan dipenuhi haknya sejak usia anak, serta diberikan wadah untuk meningkatkan agensi mereka,” tegasnya.

Sementara, Direktur Influencing Plan Indonesia Nazla Mariza mengungkapkan, dalam peringatan Hari Perempuan Internasional 2022, Plan Indonesia akan melaksanakan berbagai kegiatan membangun kesadaran publik akan kesetaraan perempuan dan anak perempuan.

Baca juga : IWD 2022, Blibli Ajak Perempuan Indonesia Ekspresikan Jati Dirinya

Salah satu kegiatan yang saat ini sedang dijalankan Plan Indonesia adalah Girls Leadership Programme (GLP) 2022 yang telah diluncurkan pada tanggal 19 Februari lalu.

"Tujuannya adalah, mendorong partisipasi dan kepemimpinan kaum muda perempuan untuk mengurangi dampak perubahan iklim," ujar Nazla. [PYB]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.