Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KPK Telisik Unsur TPPU Dalam Jual Beli Mobil Mewah Hasan Aminuddin-Keponakan Surya Paloh

Selasa, 8 Maret 2022 20:48 WIB
Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Wibi Andrino. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)
Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Wibi Andrino. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta Wibi Andrino. Keponakan Ketua Umum NasDem Surya Paloh itu diperiksa sebagai saksi kasus dugaan TPPU yang menjerat Bupati nonaktif Probolinggo Puput Tantriana Sari dan sang suami, anggota nonaktif DPR dari Fraksi NasDem, Hasan Aminuddin.

Dalam pemeriksaan tersebut, Wibi dicecar penyidik KPK terkait transaksi jual beli mobil yang dilakukannya dengan Hasan Aminuddin.

Baca juga : Kasus TPPU Bupati Probolinggo, KPK Panggil Keponakan Surya Paloh

"Yang bersangkutan hadir dan dikonfirmasi antara lain terkait dugaan adanya transaksi pembelian barang berupa mobil mewah oleh tersangka HA (Hasan Aminuddin) yang sumber dananya masih dilakukan penelusuran oleh tim penyidik," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri lewat pesan singkat, Kamis (8/3).

Berdasarkan informasi, mobil mewah yang dimaksud berjenis Mercedes-Benz dan Lexus. Tim penyidik komisi antirasuah bakal melakukan analisis untuk menelusuri adanya unsur pencucian uang dalam transaksi tersebut. "Akan dianalisa nanti apakah benar memang murni jual beli ataukah ada unsur TPPU," imbuhnya.

Baca juga : Korban Tewas Terbakar Dalam Kecelakaan Mobil Di Senen, Ternyata Anak Gubernur Kaltara

Sebelumnya, Wibi mengaku dicecar terkait pembelian mobil milik Hasan yang dilakukannya pada 2020 lalu. Ia diminta tim penyidik untuk membawa bukti jual beli tersebut.

"Jadi mobil itu yang dikonfirmasi oleh pihak KPK. Saya diminta untuk menjelaskan bukti-bukti jual belinya. Mobil Pak Hasan, saya beli mobil Pak Hasan," kata Wibi usai menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (8/3). 

Baca juga : KPK Telusuri Asal Uang Bupati Langkat Beli Mini Cooper Buat Anaknya

Ia mengaku dicecar penyidik sebanyak belasan pertanyaan menyangkut dugaan pencucian uang Puput dan Hasan. "Kurang lebih ada sekitar belasan pertanyaan," ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.