Dark/Light Mode

Mulai Menyerang Eropa

Deltacron Sudah Terdeteksi Jangan Terlena Pelonggaran

Selasa, 15 Maret 2022 06:45 WIB
virus Covid-19 varian Deltacron. (Foto: Pavlo Gonchar/South China Morning Post).
virus Covid-19 varian Deltacron. (Foto: Pavlo Gonchar/South China Morning Post).

 Sebelumnya 
Akun @Duke_of_Nowhere meminta Pemerintah memperketat kembali pintu kedatangan asing. Walaupun belum ada di Indonesia, pihak imigrasi harus siaga 1 dalam menyaring kedatangan internasional.

“Jangan seperti Corona di awal lagi dong. Pemerintah remeh temeh, eh nanti kalau sudah menyebar baru deh sibuk sendiri,” kata @m_dbest.

“Apakah Pemerintah yang mulai memberikan wisatawan datang ke Bali tanpa karantina sudah tanggap dengan fakta ini,” timpal @ esa_bhaskara.

“Jangan terlena dengan pelonggaran aturan, tetap taat protokol kesehatan (prokes). Deltacron sudah terdeteksi,” sambung @Rudycraft666.

Baca juga : Sebelum Lebaran, Pengungsi Erupsi Semeru Ditargetkan Sudah Tinggal Di Hunian Tetap

Akun @Sesa_Opas khawatir munculnya varian Deltacron mengganggu persiapan Indonesia menghadapi peralihan dari pandemi ke endemi. Padahal, saat ini Indonesia lagi siap-siap lepas masker. “Apalagi ini Deltacron, ya Tuhan,” ujar @hazelwkwk.

Akun @AlbertSolo2 mengatakan, Indonesia harus hati-hati dengan varian Deltacron. Virus Corona varian Deltacron kini benar-benar masuk ke wilayah Eropa dan Amerika serikat.

“Ironisnya, Indonesia justru telah dimasuki lebih dari 2.000 warga Eropa yang berlibur ke Bali,” beber dia.

“Saya khawatir suara ahli, epidemiolog dan yang lainnya tidak digubris Pemerintah yang sibuk proyak-proyek. Terima kasih,” ujarnya.

Baca juga : Gus Halim: Masa Depan Desa Di Tangan Milenial Dan Gen Z

Menurut @kabehonodalanee, kesiapsiagaan menghadapi Deltacron bukan cuma harus dilakukan Pemerintah. Semua elemen masyarakat harus peduli dengan berbagai varian Covid-19.

“Waspada RI, varian Deltacron sudah menyebar di Eropa dan AS,” imbau @ NyomanSemeda.

“Tidak lupa mengingatkan rekan-rekan sekalian bahwa Covid-19 itu masih ada. Bukan bermaksud menakut-nakuti, saya hanya ingin Anda tetap mawas diri,” ujar @Rudycraft666.

Akun @Mentimoen meminta publik tidak panik menghadapi kabar adanya varian Deltacron. “Apalagi, tingkat keganasan Deltacron belum banyak diketahui,” ujarnya.

Baca juga : Dalam Sepekan, Sudah 2.099 Orang Meninggal

“Hingga sejauh ini belum ada data tentang tingkat penularan, tingkat keparahan, maupun dampak lainnya baik dengan imunitas, dan pengobatan,” tambah @scneaky.

Akun @papersky8 menduga, varian Deltacron sudah menyebar di Indonesia melalui pelaku perjalanan Internasional. Soalnya, sudah ada teman orang tua yang masuk ICU (Intensive Care Unit) karena kena Covid-19 kombinasi gejala Delta dan Omicron. “Mungkin sudah masuk di sini (Indonesia),” katanya. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.