Dark/Light Mode

Satukan Tanah Dan Air Dari 34 Provinsi Di 1 Kendi Nusantara

Jokowi Tahan Panas

Selasa, 15 Maret 2022 06:59 WIB
Beginilah gaya Presiden Jokowi saat siang dan malam, duduk sendiri di depan tenda kemah sederhana, di Titik Nol Ibu Kota Negara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, kemarin.
Beginilah gaya Presiden Jokowi saat siang dan malam, duduk sendiri di depan tenda kemah sederhana, di Titik Nol Ibu Kota Negara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, kemarin.

RM.id  Rakyat Merdeka - Semarak pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) yang baru, ditabuh Presiden Jokowi, kemarin. Sebagai penanda besarnya: diawali dengan prosesi penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi dalam Kendi Nusantara di Titik Nol IKN, di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Karena saat prosesi itu, cuaca begitu panas, ada 1 gubernur pingsan, banyak gubernur juga yang ngos-ngosan karena harus naik turun menuju lokasi. Namun, Jokowi nampak tegar. Jokowi tahan panas, juga tahan capek.

Prosesi itu, memang dimulai agak kesiangan. Jokowi yang didampingi Ibu Negara, Iriana baru tiba di titik nol IKN, sekitar pukul setengah 10 siang WITA. Mantan Wali Kota Solo itu, bersama rombongan, mulai bergerak dari Balikpapan menuju lokasi acara sekitar pukul setengah 9 WITA.

Baca juga : Kaltim Paling Akhir Serahkan Tanah dan Air Ke Jokowi

Sebelum Jokowi tiba, tugu geodesi Titik Nol Kilometer IKN sudah ditongkrongin banyak Gubernur. Lengkap dengan bawaannya, yaitu tanah dan air dari provinsi masing-masing. Kepala Otorita IKN Bambang Susantono bersama wakilnya, Dhony Rahajoe terlihat menyapa satu dua Gubernur dengan ramah. Bahkan diajak foto selfie.

Kicauan burung kian terdengar nyaring, ketika iring-iringan Jokowi tiba. Presiden dan Ibu Negara disambut oleh Sultan Kutai Kartanegara Ing Mardatipura XXI Sultan Adji Muhammad Arifin. Keduanya ditepung tawari sebelum menuju ke tugu geodesi atau titik nol IKN.

Di tugu titik nol itu, Jokowi berdiri di dekat kendi besar warna keemasan setinggi pinggang orang dewasa. Ia menuangkan tanah dan air dari 34 provinsi secara bergantian yang diserahkan langsung oleh masing-masing Gubernur. Dimulai dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, diakhiri oleh Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

Prosesi Penyatuan Tanah dan Air Nusantara, di Titik Nol IKN, Senin (14/03/2022). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

Baca juga : Khofifah Satukan Tanah Dan Air Majapahit Di Kendi Nusantara

Di awal sambutannya, Jokowi mengatakan, kehadirannya bersama 34 Gubernur dan 15 tokoh Kaltim di titik nol IKN ini, dalam rangka mewujudkan cita-cita besar, yaitu pembangunan IKN yang akan segera dimulai.

“Baru saja, tadi, tanah dan air yang dibawa oleh 34 gubernur telah kita satukan di tempat yang akan menjadi lokasi Ibu Kota Nusantara,” kata Jokowi, menyampaikan pidato dengan tenang di bawah terik matahari.

Prosesi ini berlangsung cukup lama, sejam lebih. Matahari yang naik hampir di atas kepala, nyaris tak terhalang awan. Karena langit cukup cerah.

Baca juga : Jokowi: Terima Kasih Telah Dukung Pembangunan IKN Nusantara

Semua Gubernur berdiri di bawah terik matahari itu. Di ujung acara, lutut beberapa Gubernur ada yang mulai goyang dan baju Pakaian Dinas Harian (PDH) yang dikenakan kian pekat warna cokelatnya. Karena basah keringat.

Hingga, salah satu Gubernur dikabarkan pingsan. Ia adalah Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura. Ia langsung ditangani oleh tim dokter kepresidenan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.