Dark/Light Mode

Satukan Tanah Dan Air Dari 34 Provinsi Di 1 Kendi Nusantara

Jokowi Tahan Panas

Selasa, 15 Maret 2022 06:59 WIB
Beginilah gaya Presiden Jokowi saat siang dan malam, duduk sendiri di depan tenda kemah sederhana, di Titik Nol Ibu Kota Negara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, kemarin.
Beginilah gaya Presiden Jokowi saat siang dan malam, duduk sendiri di depan tenda kemah sederhana, di Titik Nol Ibu Kota Negara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, kemarin.

 Sebelumnya 
Tapi, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono buru-buru mengklarifikasi. Kata dia, Gubernur Sulteng tidak pingsan, karena masih sadarkan diri.

“Cuma lemas karena cuaca panas,” kata Heru, seraya mendoakan Gubernur Rusdy lekas baikan. “Semangat beliau luar biasa,” pujinya.

Perlu diketahui, dari 34 Gubernur itu, ada 6 Gubernur tidak hadir dalam prosesi ini. Yaitu, Gubernur Papua Lukas Enembe, Gubernur Banten Wahidin Halim, Gubernur Bali Wayan Koster, Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran. Alasannya macam-macam, salah satunya karena kondisi kesehatan.

Baca juga : Kaltim Paling Akhir Serahkan Tanah dan Air Ke Jokowi

Seakan tak ada capeknya, usai acara, Jokowi masih melanjutkan banyak agenda lain di IKN. Antara lain, melakukan penanaman pohon yang dibawa dari setiap provinsi bersama para Gubernur di lokasi yang tak jauh dari tugu titik nol IKN.

Kemudian, sejenak, Jokowi berteduh di kemah yang disediakan untuk bermalam berdua dengan Ibu Iriana. Di dalamnya sudah ada 2 batok kelapa muda, buah-buahan dan air mineral.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga sempat duduk santai sendirian dekat kemahnya. Yang kemudian disamperin Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Lalu diikuti Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Hingga pindah ke tempat yang lebih teduh bersama menteri-menteri lainnya.

Presiden Jokowi dan Seskab Pramono Anung di kawasan IKN, Senin (14/03/2022). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

Baca juga : Khofifah Satukan Tanah Dan Air Majapahit Di Kendi Nusantara

Tak lama setelah itu, Jokowi gerak lagi. Ia bertemu dengan sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh agama Kalimantan di Kabupaten Penajam Paser Utara. Mereka berdialog dekat lokasi kemah RI 1.

Lalu sore harinya, mantan DKI 1 ini jalan-jalan ke persemaian Mentawir di Desa Mentawir, tidak jauh dari lokasi IKN. Ada sekitar 15-20 juta bibit pohon yang sedang dikembangkan di sana. Mulai dari kayu nyatoh, meranti, kapur, gaharu, hingga jambu-jambuan.

Ke Mentawir, Jokowi didampingi sejumlah menteri, yaitu, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Baca juga : Jokowi: Terima Kasih Telah Dukung Pembangunan IKN Nusantara

Tampak juga Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.