Dark/Light Mode

Targetkan RI Lolos Dari Jebakan Negara Berpendapatan Rendah

Menko Airlangga Kebut Perbanyak Pengusaha

Sabtu, 19 Maret 2022 06:15 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Dok. ekon.go.id).
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Dok. ekon.go.id).

 Sebelumnya 
“Kita harus memanfaatkan potensi ekonomi digital Indonesia yang hebat ini untuk meningkatkan kesejahteraan bersama,” ujar Airlangga.

Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional Tahun 2021 -2024.

Baca juga : Warga Keluhkan Bau Busuk dan Pencemaran Lingkungan

Perpres itu dikeluarkan untuk mengejar ketertinggalan jumlah wirausaha di Indonesia.

Pemerintah menargetkan pertumbuhan rasio kewirausahaan pada 2024 mencapai 3,95 persen, dari yang saat ini hanya 3,47 persen.

Baca juga : Kurang Dua Pekan, Rusia Jadi Negara Penerima Sanksi Terbanyak Di Dunia

“Perpres ini memberikan kemudahan, insentif, dan pemulihan bagi wirausaha, baik yang sudah menjalankan usahanya maupun yang baru merintis sebagai wirausaha,” katanya.

Kemudahan tersebut, menurut Teten, mencakup pendaftaran perizinan secara elektronik, memfasilitasi standarisasi dan sertifikasi dalam negeri dan untuk ekspor. Kemudian, akses pembiayaan dan penjaminan, pengutamaan dalam pengadaan barang dan jasa Pemerintah, dan pengutamaan dalam akses Pasar Digital Badan Usaha Milik Negara (PaDi BUMN). [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.