Dewan Pers

Dark/Light Mode

Publik Senang Capres Jebolan Pemerintah, Airlangga Banyak Dipilih

Jumat, 14 Januari 2022 11:27 WIB
Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto. (Foto: ist)
Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mayoritas masyarakat merasa puas dengan kinerja pemerintah dalam menangani Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dinahkodai Ketua Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemilihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Airlangga Hartarto.

Hal itu terpotret dalam rilis survei Timur Barat Research Center (TBRC) terkait "Dinamika Persepsi & Pilihan Masyarakat Terhadap Parpol Dan Tokoh Tokoh Bakal Capres 2024 Pasca Dua Tahun Pemerintahan Presiden Joko Widodo" dalam keterangannya yang diterima wartawan, Jumat (14/1). 

TBRC melakukan survei berdasarkan kemampuan dan prestasi saat menjabat di pemerintahan dan legislatif. Hasilnya, 70,3 persen publik lebih memilih calon presiden berdasarkan yang berpengalaman di pemerintahan dibanding organisasi politik 59,6 persen. 

Berita Terkait : Ini Yang Harus Dilakukan Pemerintah, Jika Ada WNI Yang Terpaksa Ke LN

Direktur Eksekutif TBRC, Yohanes Romeo mengatakan, tingkat elektabilitas tokoh didasarkan pada empat ukuran. Yaitu perilaku spesifik dan aspek kepemimpinan transformasional yang dipilih responden dengan simulasi terbuka. Maka, tokoh yang paling banyak dipilih responden adalah Airlangga Hartarto sebanyak 17,20 persen responden.

Selanjutnya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto 14,20 persen. "Di posisi ketiga kader PDIP Ganjar Pranowo 10,70 persen, diikuti Moeldoko 5,20 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono 4,90 persen, Puan Maharani 4,70 persen, dan Gatot Nurmantyo 4,20 persen," kata Yohanes. 

Di urutan berikutnya terdapat sosok Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 3,40 persen, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar 2,70 persen, Menteri Keuangan Sri Mulyani 2,60 persen, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti 2,10 persen, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 1,90 persen, Menteri Sosial Tri Rismaharini 1,70 persen. 

Berita Terkait : Pemerintah Patok Kantongi Duit Rp 37,5 Triliun.

"Selanjutnya ada nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dipilih 1,60 persen, Menteri BUMN Erick Thohir 1,40 persen, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 1,20 persen. Sedangkan yang belum memilih 20,30 persen responden," paparnya. 

Menurut Yohanes, tingkat elektabilitas tokoh capres 2024 didasarkan pada faktor pengalaman, kemampuan dan prestasi dengan simulasi nama nama yang disodorkan dalam kuisioner pada responden. "Lagi lagi Airlangga Hartarto di posisi teratas sebanyak 20,80 persen," sebut dia. 

Diketahui, teknik penetapan sampel dilakukan dengan cara multistage random sampling dengan jumlah responden 1.820 orang. Margin of error dalam survei ini sebesar +/- 2,3 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Survei dilakukan pada 24 Desember 2021 sampai 8 Januari 2022. [UMM]