Dark/Light Mode

Balap MotoGP Dibuka Jokowi Hari Ini

Mata Dunia Tertuju Ke Mandalika

Minggu, 20 Maret 2022 06:35 WIB
Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo melaju di pitlane saat sesi latihan bebas 4 (FP4) MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022). (ANTARA FOTO).
Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo melaju di pitlane saat sesi latihan bebas 4 (FP4) MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022). (ANTARA FOTO).

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, MotoGP seri kedua, di tahun 2022, digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB. Presiden Jokowi dijadwalkan akan membuka balapan motor dengan kasta tertinggi di dunia itu. Siapa yang akan mengangkat tropi sebagai pembalap tercepat di sirkuit yang bikin Indonesia bangga, dan dipuji dunia ini? Kita pasti penasaran, warga dunia lain juga pasti penasaran dan akan pasang mata ke sini.

Euforia MotoGP di Indonesia mulai terasa sejak tes pramusim, 11-13 Februari 2022 lalu. Kehadiran pembalap MotoGP ke Mandalika membuat rakyat Indonesia bangga. Kehadiran para pembalap itu sempat jadi trending topic.

Baca juga : Mudik Tergantung Pandemi

Euforia kembali terasa sejak 20 pembalap MotoGP diundang Jokowi ke Istana, lalu konvoi di jalanan Ibu Kota, Rabu lalu. Saat itu, ribuan orang tumplek di jalanan menyambut Marquez Cs mengaspal.

Perasaan gembira publik ini bisa dimaklumi. MotoGP yang akan digelar hari ini adalah yang pertama kalinya sejak 1997. Saat itu, Indonesia terakhir kali menjadi tuan rumah balapan Grand Prix, yang saat itu digelar di sirkuit Sentul, Bogor.

Baca juga : Nikmatnya Nonton MotoGP Dari Bukit 360 Sirkuit Mandalika

Di Lombok, euforia MotoGP itu, makin terasa. Atmospir MotoGP sudah terasa begitu menginjakkan kaki di Bandara Internasional Lombok. Sejumlah lukisan dan karya seni bertajuk MotoGP terpasang di sepanjang jalan menuju pintu keluar.

Di dekat pintu keluar, berdiri stand penjual marchandise resmi MotoGP. Stand ini ramai diserbu pengunjung yang baru datang. Mereka membeli kaus, topi dan berbagai aksesoris yang mungkin akan digunakan saat menonton balapan.

Baca juga : Usai Kemah Satu Hari Di IKN, Jokowi Dan Iriana Pulang Ke Jakarta

Mendekati sirkuit Mandalika, euforianya lebih gila. Lalu lintas di sekitar sirkuit yang biasanya sepi, sudah ramai sejak rangkaian balapan MotoGP dimulai Jumat lalu. Area sekitar sirkuit yang awalnya gersang dan sepi pun sudah menunjukkan kehidupan. Kios dan toko mulai berdiri di sana-sini. Pedagang asongan ramai berkeliaran. Menunjukkan kegiatan ekonomi bergerak.

Kemarin, suasana di sirkuit Mandalika sudah bertambah ramai jelang siang hari, meskipun baru free pratice. Penonton sudah mulai memenuhi tribun. Salah satu penonton yang hadir adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Politisi PDIP itu menonton di tribun biasa, bukan VVIP. Tak ayal, kehadiran orang nomor 1 di Jateng itu, jadi sasaran selfie penonton.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.