Dark/Light Mode

Balap MotoGP Dibuka Jokowi Hari Ini

Mata Dunia Tertuju Ke Mandalika

Minggu, 20 Maret 2022 06:35 WIB
Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo melaju di pitlane saat sesi latihan bebas 4 (FP4) MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022). (ANTARA FOTO).
Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo melaju di pitlane saat sesi latihan bebas 4 (FP4) MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022). (ANTARA FOTO).

 Sebelumnya 
Sebelum menyaksikan Marquez mengaspal, para penonton ini terlihat berfoto ria di tempat-tempat ikonik. Seperti tulisan “Welcome to Mandalika, dan patung Jokowi yang menunggangi motor, yang berada tepat di sisi kanan pintu masuk utama Sirkuit Mandalika.

Penonton yang akan hadir di puncak gelaran MotoGP hari ini dipastikan lebih ramai lagi. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan, hotel dan guest house yang ada di Lombok, sudah penuh oleh pengunjung yang ingin menonton MotoGP. Ia sampai-sampai tak kebagian hotel di Lombok dan akhirnya memilih menginap di Gili.

Presiden Jokowi tak mau ketinggalan menyaksikan momen bersejarah ini. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu, dipastikan datang ke Mandalika.

Baca juga : Mudik Tergantung Pandemi

Menurut Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, Jokowi akan membuka balapan MotoGP. Setelah itu, Jokowi akan ke Bali menghadiri Inter-Parliamentary Union (IPU) di Nusa Dua, Bali. “Iya, besok terbang ke Mandalika,” kata Heru, kepada wartawan, kemarin.

Rencana kehadiran Jokowi itu membuat suasana sirkuit bertambah sibuk. Petugas keamanan dari Brimob dan Polisi antihuru-hara tampak berjaga di sudut-sudit jalan dan sekitar pintu masuk.

Prajurit TNI berseragam loreng pun, terlihat berjaga-jaga dan melakukan gladi resik pengamanan seusai sesi kualifikasi MotoGP berakhir. Anggota Paspampres pun terlihat hilir mudik di area VVIP.

Baca juga : Nikmatnya Nonton MotoGP Dari Bukit 360 Sirkuit Mandalika

Marquez Jatuh, Motor Alex Rins Terbakar

Di dalam sirkuit, suasana tak kalah serunya. Para pembalap berusaha mencatatkan waktu tercepat di sesi kualifikasi kemarin, agar bisa berada di posisi terdepan pada balapan hari ini. Setidaknya, ada dua kejadian menarik di arena kemarin. Marc Marquez jatuh dua kali, dan motor Alex Rins terbakar.

Marquez terjatuh saat melahap tikungan ke-13. Pembalap Repsol Honda itu, gagal mempertahankan keseimbangan motornya sehingga terjatuh hanya enam menit sebelum kualifikasi berakhir.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.