Dark/Light Mode

Perjuangkan Perdamaian Dunia

Puan Makin Wangi

Selasa, 22 Maret 2022 06:27 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani dalam Sidang Umum Inter–Parliamentary Union (IPU) ke–144 yang berlangsung di Bali International Convention Centre (BICC) Nusa Dua, Bali, Senin (21/3/2022). (Foto: Istimewa).
Ketua DPR RI Puan Maharani dalam Sidang Umum Inter�Parliamentary Union (IPU) ke�144 yang berlangsung di Bali International Convention Centre (BICC) Nusa Dua, Bali, Senin (21/3/2022). (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Dia lantas mengingatkan agar parlemen mendorong diplomasi preventif guna mencegah terjadinya konflik dan perang. Parlemen juga diminta untuk bisa memobilisasi dukungan masyarakat internasional dalam penanganan dampak sosial pandemi, seperti bertambahnya kemiskinan dan ketimpangan.

Terlepas konflik di Ukraina, Puan juga menyoroti situasi demokrasi di Myanmar akibat konflik internal yang sudah terjadi setahun belakangan ini.

“Terkait situasi di Myanmar, kita dapat mendorong agar Myanmar kembali ke jalan demokrasi,” beber politisi berusia 48 tahun itu.

Baca juga : Kapolri Pastikan Jajarannya Awasi Distribusi Dan Harga Penjualan Minyak Goreng

Senada ditegaskan Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR, Putu Supadma Rudana. Kata dia, Sidang IPU tahun ini akan mendorong perdamaian antara Rusia dan Ukraina. “Isu krusial ini IPU tentu tidak dalam mengutuk keras atau apa pun tapi isunya akan diwujudkan menuju bagaimana penyelesaian di Eropa Timur antara Ukraina dan Rusia,” urai Putu.

Forum parlemen internasional itu akan meyakinkan kedua negara melalui delegasinya untuk sama-sama berdialog menyelesaikan konflik dengan damai. Apalagi, sangat mungkin untuk mendudukkan negara-negara yang dalam posisi netral memandang konflik antara Rusia dan Ukraina.

“Tentu ini momentum yang baik untuk membuat suatu komitmen bahwa IPU berperan penting dalam perdamaian di berbagai negara. Salah satunya isu terkini antara Rusia dan Ukraina,” ujar legislator dapil Bali itu.

Baca juga : IPU Dukung Perdamaian Rusia-Ukraina

Sikap Puan memperjuangan perdamaian dunia mendapat apresiasi dari Pengamat Militer dan Pertahanan, Susaningtyas Nefo Kertopati.

“Kita harus apresiasi Ketua DPR Puan Maharani berani menyuarakan perdamaian dunia,” tegas Nuning, sapaan akrab Susaningtyas Nefo Kertopati, kemarin.

Sebagai Ketua DPR, kata Nuning, Puan telah melaksanakan kewajibannya menjalankan konstitusi Undang-Undang Dasar 1945, terutama pada preambule terkait perdamaian dunia.

Baca juga : Ekonom Nilai Tepat Penjualan Pertamax Ikuti Harga Pasar

“Puan cucu Proklamator RI Soekarno yang sangat banyak berbuat untuk proses perdamaian dunia, apa yang dilaksanakannya tentu sangat baik bagi dunia,” terang dia.

Sementara, Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menilai, Puan mengambil langkah tepat. Karena sesuai dengan amanat pembukaan UUD 1945. “Sikap Puan ini membuat namanya makin wangi,” cetus Karyono. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.