Dark/Light Mode

Mendiang Arifin Panigoro Dapat Penghargaan Dari Universitas YARSI

Prof. Tjandra: Perjuangan Pengendalian TB Harus Terus Kita Lanjutkan

Sabtu, 26 Maret 2022 11:35 WIB
Mendiang Arifin Panigoro (Foto: Antara)
Mendiang Arifin Panigoro (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas YARSI memberikan Piagam Penghargaan kepada almarhum Arifin Panigoro atas bakti, dedikasi dan perjuangannya yang luar biasa dalam pengendalian tuberkulosis (TB) di Indonesia, Sabtu (26/3).

Informasi ini disampaikan Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI yang juga mantan Direktur WHO Asia Tenggara, Prof. Tjandra Yoga Aditama.

Baca juga : Indonesia Dan Brunei Darussalam Paparkan Strategi Pengendalian Hama Terpadu

"Kalau kita baca berita beberapa tahun yang lalu, saat baru diangkat menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden, almarhum Pak Arifin Panigoro awalnya mengira Presiden Jokowi akan bicara ke Pak Arifin tentang pertambangan dan sebagainya. Tapi ternyata, Presiden bicara tentang TB. Sesuatu yang menunjukkan perhatian besar Presiden dan juga Pak Arifin Panigoro. Mengingat Indonesia adalah penyumbang kasus TB terbesar ketiga di dunia," ungkap Prof. Tjandra dalam keterangannya, Sabtu (26/3).

Dia pun menyampaikan pembicaraan terakhir dengan Arifin Panigoro, saat sama-sama menghadiri Indonesia TB Summit 2021 di Bali. Kala itu, Prof. Tjandra mengusulkan agar pemberantasan TB masuk menjadi agenda G20.

Baca juga : Indonesia Raih Penghargaan Dari Badan Pangan Dan Badan Atom Dunia

"Pak Arifin menjawab, oke kita dorong untuk menjadi agenda prioritas di G20," ujar Prof. Tjandra.

"Semoga, almarhum Arifin Panigoro mendapat tempat mulia di sisi Allah SWT. Semoga, perjuangan beliau dalam pengendalian TB di Indonesia dapat terus kita lanjutkan. Kita giatkan. Kita perjuangkan bersama demi dua tujuan mulia. Yakni eliminasi TB di Indonesia pada 2030 sesuai Peraturan Presiden No 67 tahun 2021. Serta menghentikan epidemi TB di dunia pada 2030 sesuai yang digariskan dalam sustainable development goals (SDG)," bebernya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.