Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Setiap Mau Reshuffle

Jokowi Selalu Ngomong Dulu Ke Mega

Senin, 28 Maret 2022 06:50 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Instagram @jokowi).
Presiden Jokowi. (Foto: Instagram @jokowi).

RM.id  Rakyat Merdeka - Usai Presiden Jokowi marah-marah di Bali, isu reshuffle yang sebelumnya sempat redup, kini nyala lagi. Namun, kapan Jokowi bakal rombak kabinetnya, masih belum ada yang tahu. Yang pasti, setiap kali mau reshuffle, Jokowi selalu ngomong dulu ke Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Kebiasaan Jokowi yang suka bertemu dengan Megawati sebelum melakukan reshuffle itu, diungkap 2 petinggi PDIP, Eriko Sotarduga (Ketua DPP PDIP) dan Hasto Kristiyanto (Sekjen DPP PDIP). Tak hanya soal reshuffle, Jokowi dibilang selalu bertemu Mega, setiap kali akan mengambil kebijakan yang sifatnya strategis.

Baca juga : Jokowi Dibela Bos KPK

Menurut Eriko, kebiasaan Jokowi itu merupakan budaya ketimuran yang menjunjung tinggi kesopanan dan saling menghormati. Jokowi tidak pernah melupakan parpol koalisi, setiap kali akan mengambil kebijakan yang strategis. Salah satunya, perombakan kabinet.

“Inilah budaya beliau. Apabila ada perubahan (reshuffle) pasti akan bertemu kepada Ibu Mega dan ketum partai lain,” kata Erico, di Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, kemarin.

Baca juga : Siang Ini, Presiden Jokowi Buka Kongres KSPSI Ke X

Dia bilang, budaya komunikasi seperti itu memang selalu dilakukan Jokowi setiap hendak melakukan perombakan kabinet. Jokowi tidak serta merta memanfaatkan hak prerogatifnya tanpa ada komunikasi dengan pimpinan parpol.

“Padahal Ibu Mega selalu bilang, reshuffle itu hak prerogatif presiden. Namun, Pak Jokowi tetap ingin menerima masukan, sebelum mengambil keputusan,” tegas anggota DPR dapil DKI Jakarta 2 ini.

Baca juga : Reshuffle Gelap Gulita

Hal senada disampaikan Hasto. Dia menegaskan, kocok ulang kursi menteri merupakan hak prerogatif Presiden. Namun, kebiasaan yang terjadi selama ini, Jokowi selalu berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mencopot atau mempertahankan jajaran menterinya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.