Dark/Light Mode

Setiap Mau Reshuffle

Jokowi Selalu Ngomong Dulu Ke Mega

Senin, 28 Maret 2022 06:50 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Instagram @jokowi).
Presiden Jokowi. (Foto: Instagram @jokowi).

 Sebelumnya 
Biasanya, Jokowi akan mengadakan dialog dengan ketua umum partai politik koalisi. Dalam dialog itu, akan dibahas terkait perombakan kabinet yang akan dilakukan.

“Itu artinya menunjukkan pemerintahan Jokowi -Ma’ruf Amin dibangun berdasarkan koalisi. Karakter Pak Jokowi adalah melakukan dialog ketika reshuffle,” ungkap Hasto, di lokasi yang sama.

Baca juga : Jokowi Dibela Bos KPK

Dalam dua periode kepemimpinannya, lanjut Hasto, Jokowi tidak pernah melakukan reshuffle tanpa melalui dialog dengan para ketum parpol koalisi. Termasuk bertemu dengan Megawati. Namun, Hasto enggan membeberkan apakah antara Jokowi dan Megawati sudah bertemu untuk membahas reshuffle.

“Terkait reshuffle, itu sifatnya rahasia,” tegasnya.

Baca juga : Siang Ini, Presiden Jokowi Buka Kongres KSPSI Ke X

Hasto berpendapat, Jokowi akan menimbang siapa sosok yang akan diganti atau menggantikan pada jabatan menteri dalam kabinet. Untuk itu, Hasto mengingatkan, agar tidak perlu ada pihak yang merasa cemas jika kader partainya diganti. Terutama, kader partai politik koalisi pemerintah

“Sehingga hal-hal yang berkaitan dengan hal tersebut tidak perlu dipusingkan, karena Pak Jokowi itu memegang etika politik,” kata Hasto.

Baca juga : Reshuffle Gelap Gulita

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin tidak menampik, selalu ada komunikasi antara Jokowi dengan para pimpinan parpol soal reshuffle. Namun, dia menegaskan, reshuffle merupakan kewenangan penuh presiden.

“Kalau berkomunikasi dengan pimpinan partai politik pendukung pemerintah, tidak sampai pada batas penentuan,” kata Ngabalin kepada Rakyat Merdeka tadi malam. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.