Dark/Light Mode

Jagain Karst Rammang-rammang

Raih Anugrah Kick Andy Heroes, Iwan Dento Puji Menteri SYL

Kamis, 31 Maret 2022 11:49 WIB
Iwan Dento, aktivis lingkungan warga Desa Salenrang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan dianugrahi Kick Andy Heroes 2022 sebagai penjaga alam Karst Rammang-rammang. (Foto: Istimewa)
Iwan Dento, aktivis lingkungan warga Desa Salenrang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan dianugrahi Kick Andy Heroes 2022 sebagai penjaga alam Karst Rammang-rammang. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Iwan Dento (42), aktivis lingkungan warga Desa Salenrang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan dianugrahi Kick Andy Heroes 2022 sebagai penjaga alam Karst Rammang-rammang.

Iwan tak kuasa menahan haru karena perjuanganya selama ini mendapat apresiasi dari banyak pihak, termasuk dukungan Syahrul Yasin Limpo (SYL) sejak dia menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan hingga Menteri Pertanian.

Baca juga : KPK Cegah Eks Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri Ardian Noervianto Ke Luar Negeri

"Kalau bicara Rammang-rammang pertama kita bicara soal kehidupan dan kedua kita bicara soal identitas. Ada peninggalan leluhur kami yang berusia 42000 tahun lalu. Saya mengucapkan terimakasih kepada orang tua saya, Bapak Syahrul Yasin Limpo atas semua dukungan yang diberikan," ujar Iwan dalam keterangannya, Kamis (31/3).

Menurut Iwan, peran SYL dalam membangun desa wisata memang sangat besar. Sepanjang ingatannya, SYL, sejak menjadi gubernur terus memberi dukungan penuh dan semangat keadilan ekologi demi kelestarian lingkungan dan warisan alam yang bisa dinikmati masyarakat luas.

Baca juga : Kang Emil Raih Anugerah Tokoh Standardisasi Nasional Dari BSNN

Kini, Ramang-ramang menjadi salah satu Wajah pariwisata Indonesia. "Awal lahirnya Rammang-rammang adalah festival Pulmon tahun 2015 lalu yang dibuat oleh Pak SYL waktu jadi gubernur. Festival itu juga yang kemudian menjadi tolak ukur desa wisata sampai hari ini," katanya.

Saat ini, Iwan bersama komunitas jaringannya sedang memperjuangkan Karst Rammang-rammang agar bisa masuk dalam golongan UNESCO Global Geopark sebagai upaya perlindungan makaimum warisan masa depan.

Baca juga : Keren, Kota Tangerang Raih Anugerah Parahita Ekapraya 3 Kali Berturut-turut

"Sekali lagi terima kasih banyak bagi kami menjaga karat itu menjaga kehidupan, juga menjaga identitas," katanya.

Sebagai informasi, penyerahan Kick Andy Heroes yang berlangsung akhir pekan lalu dihadiri langsung Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), Menteri KLHK SitSiti Nurbaya Bakar, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Juga turut hadir di antaranya juri utama Kick Andy Yenny Wahid. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.