Dark/Light Mode

5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Omicron XE, Salah Satunya Lebih Menular Dibanding BA.2

Selasa, 5 April 2022 22:42 WIB
Ilustrasi sampel Covid-19 (Foto: Istimewa)
Ilustrasi sampel Covid-19 (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar ditemukannya varian Omicron XE di Thailand pada Sabtu (2/4) lalu, menjadi semacam alarm bagi kita untuk lebih berhati-hati.

Melandainya kasus dan banyaknya pelonggaran, mestinya tak membuat kita lengah. Covid-19 masih ada.

Protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer mestinya tak kendor.

Baca juga : Kemacetan Jakarta Lebih Parah Dari Sebelum Pandemi

Berikut 5 hal yang perlu Anda ketahui, tentang varian Omicron XE seperti dilansir akun Instagram dr. Adam Prabata, Kandidat PhD dari Kobe University, Jepang:

1. Varian ini pertama kali diidentifikasi pada 19 Januari 2022 di Inggris. Kasusnya telah mencapai 637 kasus pada 22 Maret 2022.

2. Varian ini menjadi perhatian karena merupakan kombinasi dari varian Omicron BA.1 dan BA.2 (son of omicron atau omicron siluman), yang merupakan dua varian virus penyebab Covid-19 paling dominan di seluruh dunia saat ini.

Baca juga : PTM Lebih Terkontrol Selama Bulan Puasa

3. Varian ini diketahui 10 persen lebih menular dibanding BA.2. Sehingga, berpotensi meningkatkan kecepatan penularan Covid-19 ke orang banyak dibandingkan sebelumnya.

4.  Hingga saat ini, Belum diketahui pasti, apakah varian XE lebih berbahaya atau lebih mampu menurunkan efektivitas vaksin, dibandingkan varian lainnya.

Masih perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui hal tersebut.

Baca juga : Begini Pengetatan Prokes Untuk PPDN, Salah Satunya Nggak Boleh Nelepon Di Sepanjang Perjalanan

5. Hingga saat ini, varian Omicron XE belum ditemukan di Indonesia.  [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.