Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sadar Tak Bisa Pilih-pilih

Kang Emil Siap Kawin Paksa

Kamis, 7 April 2022 08:00 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Foto: Twitter)
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Foto: Twitter)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengaku siap dijodohin dengan siapapun pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Kang Emil -sapaan akrabnya- menegaskan, dalam politik, yang ada adalah kawin paksa. Tak tak bisa pilih-pilih.

Apa mantan Walikota Bandung itu akan puas kalau hanya diposisikan sebagai calon wakil presiden pada Pilpres 2024?

Baca juga : Soal Urusan Baju Bayi, Irish Bella Pilih Yang Aman Dan Nyaman

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah menilai, posisi yang paling memungkinkan bagi Kang Emil adalah sebagai cawapres. “Memang beliau masuk jajaran papan tengah tokoh yang potensial sebagai Cawapres. Makanya, RK berani menyatakan hal tersebut berkali-kali,” kata Dedi kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Menurutnya, elektabilitas pria yang akrab disapa Kang Emil itu tak terlalu bagus dibanding tokoh nasional yang digadang-gadang sebagai capres berlatar Kepala Daerah lainnya, seperti Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Baca juga : Begini Peran Superapp Dorong Ekonomi Digital Di Industri Pariwisata

“Bahkan di survei saya, elektabilitas RK di Jawa Barat, kalah dari Anies. Anies begitu kuat di DKI, Ganjar di Jawa Tengah. Keduanya kuat di nasional. Tetapi RK kalah di kandang sendiri,” tuturnya.

Inilah yang membuat jebolan Institut Teknologi Bandung (ITB) itu harus menggenjot terus elektabilitasnya, sembari mencari tiket dan gerbong partai koalisi. “Katakanlah masuk partai, tapi apa mau koalisinya mengusung RK. Sebab di luar Jawa Barat, elektabilitas RK belum maksimal,” tuturnya.

Baca juga : Tiket KA Lebaran Sudah Bisa Dipesan, Jangan Sampai Kehabisan

Diakuinya, komunikasi politik suami dari Atalia Praratya Kamil ini di media sosial sangat apik. Dia mendapat eksposure yang tinggi karena bahasanya diminati kaum milenial. “Tapi, ramainya riuh suara di media sosial, tak selalu linear dengan elektoral di lapangan. Pekerjaan RK amat banyak untuk mengejar pesaingnya,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Kang Emil mengungkapkan pernyataan siap dipasangkan dengan siapapun saat menghadiri ceramah usai salat tarawih berjamaah di Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta Selasa (5/4) malam.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.