Dark/Light Mode

Bicara Menteri Rasa Perdana Menteri

Parpol Koalisi Gibahin Luhut

Sabtu, 9 April 2022 06:50 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) menjadi pembicara dalam acara Silaturahmi Nasional Desa (Silatnas) 2022 Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI). (Foto: Dok. Kemaritiman).
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) menjadi pembicara dalam acara Silaturahmi Nasional Desa (Silatnas) 2022 Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI). (Foto: Dok. Kemaritiman).

 Sebelumnya 
Bagaimana penilaian pengamat? Pengamat politik Jamiluddin Ritonga menilai, wajar anggapan Luhut sebagai perdana menteri. Karena Luhut seolah mengurus banyak hal.

Menurut dia, jika ini dibiarkan, akan merusak citra Jokowi sebagai kepala negara. Soalnya, sistem pemerintahannya presidensial. Bukan parlementer.

“Wibawa presiden bisa turun,” kata Jamiluddin. Selain itu, kata dia, peran Luhut yang dominan dapat mempengaruhi soliditas kabinet.

Pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio berpendapat lain. Kata dia, Luhut kerap ditunjuk Jokowi melaksanakan sejumlah tugas karena faktor kepercayaan. Dia menilai, Luhut merupakan menteri yang paling dipercaya Jokowi dan bisa menyelesaikan tugasnya.

“Kelihatannya, hal-hal yang diinginkan Jokowi itu, dimengerti oleh Luhut dan dilaksanakan, nampaknya nggak ada menteri-menteri lain di sekitaran Jokowi yang mengerti dan paham betul maunya Pak Jokowi,” kata Hendri, tadi malam.

Hendri menilai, Luhut merupakan teman yang paling setia untuk Jokowi. Sehingga, semua tindakan Luhut tidak ada yang dihalangi Jokowi.

“Selama Pak Jokowi-nya nyaman dan Pak Luhut nggak ditegur, artinya Pak Luhut baik-baik saja, kita kan bisa lihat, dia itu Menko Maritim dan Investasi, tapi menangani semua, artinya Pak Jokowi nyaman dengan itu,” katanya.

Bagaimana tanggapan Luhut? Jubir Luhut, Jodi Mahardi membantah bosnya sangat kuat. Jodi mengatakan, Luhut bekerja sesuai tugas pokok dan fungsinya.

“Kalau dibilang power politiknya kuat, saya rasa enggak begitu. Sebagai Menko, wajar kalau Pak Menko sering melakukan koordinasi lintas kementerian,” kata Jodi, melalui pesan singkat, kemarin.

Jodi mengakui, Luhut memang beberapa kali berkoordinasi dengan instansi di luar ranahnya. Namun, hal itu dilakukan karena diperlukan koordinasi lintas kementerian.

Ia memastikan, semua kebijakan Luhut sesuai dengan tugas yang diemban. Menurut Jodi, Luhut selalu patuh terhadap arahan Jokowi selaku presiden.

“Semua semata untuk menjalankan amanah yang diberikan oleh Presiden,” tuturnya. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Berita Lainnya