Dewan Pers

Dark/Light Mode

Heboh Tagar MahasiswaBergerak

Dilawan Tagar SayaBersamaJokowi

Minggu, 10 April 2022 06:55 WIB
Sejumlah mahasiswa dari Gerakan Bogor menggugat Istana melakukan aksi di depan Istana Presiden, Bogor, Jumat (8/4/2022). (Foto: Akbar Surya Ramanda/Magang Foto RM).
Sejumlah mahasiswa dari Gerakan Bogor menggugat Istana melakukan aksi di depan Istana Presiden, Bogor, Jumat (8/4/2022). (Foto: Akbar Surya Ramanda/Magang Foto RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Selain di dunia nyata, gerakan demo besar-besaran yang akan dilakukan mahasiswa, Senin (11/4) itu, juga ramai dibahas di media sosial. Tagar MahasiswaBergerak jadi trending topic. Tidak mau kalah, para pendukung Presiden Jokowi pun melawannya dengan tagar SayaBersamaJokowi.

Gerakan mahasiswa di berbagai daerah yang menolak isu penundaan pemilu, perpanjangan masa jabatan presiden, hingga presiden tiga periode, kian massif dilakukan. Padahal, Jokowi sudah menegaskan sikapnya tetap taat pada konstitusi dan melarang para menterinya bicara penundaan pemilu.

Berita Terkait : Menpora Dorong Masyarakat Giat Bergerak Untuk Kebugaran

Hingga kemarin, setidaknya gerakan mahasiswa sudah dilakukan di sejumlah daerah, utamanya di kota-kota besar. Di Makassar, mahasiswa menggelar demo di beberapa titik, seperti di Jalan Urip Sumohardjo, Jalan Ap Pettarani, dan Jalan Sultan Alauddin.

Penolakan penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden ini, bahkan diwarnai aksi blokade jalan, hingga dorong-dorongan dengan petugas kepolisian. Aksi serupa juga terjadi di Istana Bogor. Mahasiswa yang mengatasnamakan Gerakan Bogor Menggugat Istana, menyuarakan tolak penundaan Pemilu hingga presiden tiga periode tak jauh dari Istana.

Berita Terkait : Gelar Silaturahmi, Relawan se-Bandung Raya Deklarasi Konsisten Kawal Kebijakan Jokowi

Aksi serupa yang lebih besar akan kembali dilakukan mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) di depan Istana, Senin besok. Dukungan terhadap aksi mahasiswa ini bermunculan baik di dunia nyata dan maya.

Terpantau hingga kemarin, #MahasiswaBergerak masih bertengger di posisi teratas trending topic Twitter. Setidaknya, ada 39 ribu warganet menuliskan tagar tersebut dengan berbagai unggahan.

Berita Terkait : Hailey Beiber, Dirawat Karena Stroke

Salah satu pendukung gerakan ini adalah eks pegawai KPK yang tidak lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) Rasamala Aritonang. Dia mendukung penuh gerakan mahasiswa yang akan mengepung gedung Istana besok. “Selamat berjuang demi perubahan, hidup Mahasiswa! #MahasiswaBergerak,” tegas @RasamalaArt.
 Selanjutnya